PT LG Electronics Indonesia (LG) membuktikan bahwa transformasi perusahaan atau transisi organisasi yang dijalankan mampu memberikan dampak nyata, tidak hanya pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga memperbesar kontribusi bagi industri dan perdagangan dalam negeri.
“Langkah penguatan organisasi dan pengembangan yang dilakukan di bawah semangat Life’s Good terbukti sejalan dengan dampaknya pada komunitas dan lingkungan,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia, saat refleksi 35 tahun LG di Indonesia di Jakarta, Senin (20/10).
Seiring hadirnya beragam produk elektronik terbaru, termasuk dukungan kecerdasan buatan (AI), LG terus melakukan penguatan organisasi di Indonesia. Langkah ini dimulai dari kehadiran dua pabrik di Tangerang dan Bekasi, yang memproduksi berbagai perangkat rumah tangga seperti kulkas, TV, dan monitor.
Pabrik-pabrik ini tidak hanya mengutamakan teknologi modern, tetapi juga memanfaatkan tenaga kerja lokal. Produk yang dihasilkan tidak hanya untuk memenuhi permintaan domestik, tetapi juga diekspor ke berbagai negara. “Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dengan pemerintah Indonesia, yang memungkinkan LG berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pengembangan masyarakat,” kata Ha Sang-chul.
Transisi organisasi LG di Indonesia juga terlihat dari integrasi berbagai fungsi bisnis. Penguatan kantor pusat pemasaran dan penjualan, perluasan layanan purna jual, hingga pendirian pusat riset dan pengembangan (R&D) menjadi bukti keseriusan LG untuk memastikan inovasi yang dibawa sesuai dengan kebutuhan lokal.
Ha menambahkan, “Dengan memiliki sistem bisnis terintegrasi yang sepenuhnya berada di Indonesia, LG semakin mampu memperbesar kontribusinya bagi industri dan perdagangan dalam negeri. Pemanfaatan material lokal meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan mendorong pertumbuhan UMKM sebagai mitra LG.”
Selain fokus pada bisnis, LG juga menjalankan tanggung jawab sosial melalui program LG Loves Indonesia yang memiliki empat pilar utama:
- LG Loves & Cares – Aksi nyata untuk pemulihan bencana alam.
- LG Loves Children – Mendukung kesejahteraan dan perkembangan anak-anak Indonesia.
- LG Loves School – Meningkatkan kompetensi siswa melalui teknologi.
- LG Loves Green – Fokus pada pelestarian lingkungan.
Program ini menjadi bukti komitmen LG dalam memadukan bisnis, sosial, dan lingkungan.
Dalam 35 tahun perjalanan di Indonesia, LG mengapresiasi sinergi yang terjalin dengan pemerintah. “Dengan semangat yang sama, kami berkomitmen menjadi mitra sejalan agenda besar pemerintah untuk pengembangan masyarakat dan lingkungan berkelanjutan,” ujar Ha Sang-chul.
Ke depan, LG berencana memperkuat bisnis di Indonesia melalui berbagai strategi berkelanjutan. Perusahaan akan menghadirkan produk inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, mengintegrasikan AI dan platform LG ThinQ. Distribusi produk juga diperluas melalui kanal online dan offline agar lebih mudah diakses konsumen di seluruh penjuru negeri.
Selain itu, LG akan mengembangkan kegiatan Life’s Good Consumer Experience, inisiatif yang bertujuan menghadirkan pengalaman menyenangkan dan bermakna bagi setiap interaksi konsumen dengan produk LG. Pendekatan ini memastikan setiap pengalaman bersama LG bukan hanya fungsional, tetapi juga memberi nilai lebih bagi masyarakat Indonesia.
Dengan transformasi yang dijalankan, LG tidak hanya memimpin dari sisi inovasi teknologi, tetapi juga menunjukkan bahwa transisi organisasi yang tepat mampu memberikan dampak luas: dari pertumbuhan bisnis, peningkatan TKDN, penguatan UMKM, hingga kontribusi sosial dan lingkungan. LG membuktikan bahwa inovasi yang dihadirkan bisa berjalan beriringan dengan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
