Jakarta, Otodiva – DiSus adalah sebuah teknologi yang sudah lama dikembangkan dan disematkan untuk semua lini EV dari BYD. Bisa dikatakan, teknologi DiSus ini adalah sebuah inovasi dan kekhasan dari BYD untuk beberapa mobil mereka, terkhusus untuk pilihan mobil premium dan hyper, salah satunya Yangwang U9.
Secara sederhana, DiSus dibagi menjadi beberapa tipe. Mulai dari DiSus DiSus C, DiSus A, DiSus P, DiSus X, DiSus M, dan DiSus Z. However, untuk sekarang mobil-mobil dari BYD ataupun Denza paling sering memanfaatkan DiSus C, A, and X. However, perlu kamu ketahui bahwa memang DiSus X hanya digunakan untuk Yangwang U9.
At the GIIAS event 2025, pihak BYD memberikan sebuah acara khusus untuk membahas tentang teknologi DiSus yang sudah mereka rancang. Luther T. Panjaitan, Head of PR and Governemnt Relations PT BYD Motor Indonesia mengatakan bahwa DiSus ini bisa memberikan kenyamanan sekaligus handling yang juga maksimal.
“DiSus ini memang secara khusus dirancang untuk kenikmatan dan kenyamanan para pengendara BYD khususnya agar mereka bisa mendapatkan sebuah pengalaman berkendara untuk mobil-mobil yang tergolong canggih, seperti BYD,” ucap Luther.
DiSus-C, Teknologi Suspensi Terbaru untuk Kenyamanan

Sistem DiSus-C terdiri dari tiga tahapan utama: Perception Layer, Decision Layer, dan Execution Layer. Tahap pertama, Perception Layer, bertugas memantau kondisi jalan melalui berbagai sensor seperti acceleration sensor dan ride height sensor. Sensor ini mengumpulkan data kondisi permukaan, kecepatan kendaraan, serta gaya yang bekerja pada bodi mobil secara real-time.
Data yang dikumpulkan kemudian dikirim ke Decision Layer, yaitu pusat komputasi bernama DiSus Intelligent Computing Center. Di sini, sistem menganalisis setiap perubahan yang terjadi dan memutuskan penyesuaian yang harus dilakukan. Proses ini diklaim mampu membaca nuansa gaya berkendara, memperkirakan potensi gangguan dari jalan, dan memberikan respons sesuai kebutuhan.
Tahap terakhir adalah Execution Layer, di mana hasil keputusan sistem diterapkan secara langsung melalui electronically controlled damper. Redaman suspensi diatur secara dinamis, memastikan roda tetap optimal mengikuti kondisi jalan yang berubah-ubah. Ini memungkinkan mobil tetap stabil saat melewati tikungan tajam atau jalan bergelombang, sekaligus menjaga kenyamanan di dalam kabin.
DiSus-A, Teknologi Suspensi untuk Mobil Premium BYD dan Denza

Salah satu teknologi baru yang diperkenalkan dalam jajaran kendaraan premium BYD adalah DiSus-A, sistem suspensi udara pintar yang kini telah diterapkan pada Denza Z9. Tidak hanya sekadar menyematkan air suspension, BYD mengklaim bahwa sistem ini memiliki respons yang jauh lebih cepat dibandingkan suspensi berbasis fluida konvensional. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk menyesuaikan kondisi jalan secara real-time, memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan presisi.
DiSus-A juga menawarkan fleksibilitas tinggi dalam pengaturan ketinggian kendaraan. Sistem ini mendukung adjustment level hingga 150 mm, memberi keleluasaan bagi pengemudi untuk menyesuaikan ground clearance sesuai kondisi jalan atau kebutuhan berkendara. Baik saat melaju di jalan bebas hambatan maupun menghadapi medan tidak rata, kendaraan dapat mengatur posturnya secara otomatis untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan.
Interesting, teknologi ini turut dilengkapi dengan multi-stage phase yang memungkinkan pengaturan bertingkat dalam proses penyesuaian ketinggian. It means, pengemudi dapat memilih mode yang lebih spesifik sesuai preferensi atau situasi berkendara. With this feature, DiSus-A bukan hanya soal kenyamanan, tapi juga efisiensi dan keamanan berkendara yang lebih adaptif dan terkontrol.
DiSus-X untuk Performa HyperCar Layaknya Yangwang U9

Teknologi DiSus-X menjadi varian paling ekstrem dari sistem suspensi pintar milik BYD. At the moment, sistem tersebut telah diintegrasikan ke dalam Yangwang U9, mobil listrik performa tinggi yang dirancang untuk menyasar segmen supercar. Berbeda dari versi DiSus lainnya, DiSus-X mengedepankan keseimbangan antara kenyamanan dan performa tinggi, memberikan pengalaman berkendara yang tetap stabil meskipun pada kecepatan sangat tinggi.

Secara desain, Yangwang U9 memang dibangun dengan pendekatan aerodinamis agresif. Dengan struktur bodi yang dirancang untuk menembus hambatan angin, termasuk memanfaatkan splitstream secara optimal, kendaraan ini dapat mempertahankan kecepatan bahkan saat menghadapi kondisi turbulensi udara atau “angin kotor”. Dalam konteks ini, DiSus-X memainkan peran penting untuk menjaga posisi bodi tetap presisi, mencegah gejala limbung, dan menyesuaikan suspensi secara dinamis agar tetap responsif terhadap gaya tekan dan gaya dorong saat melaju cepat.
Dengan karakteristik semacam ini, DiSus-X dirancang khusus untuk mobil berperforma tinggi seperti Yangwang U9. Fokusnya bukan semata pada kenyamanan, melainkan menciptakan kestabilan maksimum saat berakselerasi, menikung tajam, atau melakukan manuver ekstrem. Sistem ini menjadi bukti bahwa BYD tak hanya menyasar kendaraan harian, tetapi juga mulai masuk ke arena mobil listrik performa tinggi dengan inovasi teknologi yang kompetitif.