Apakah Anda pernah mengalami penyok kecil atau tabrakan serius sehingga Anda mungkin sulit berpikir jernih? Untuk menangani hal ini dengan tenang perlunya infomasi agar adanya gambaran hal-hal apa yang harus dilakukan jika Anda dalam kondisi seperti ini.

Berikut beberapa tindakan yang harus dilakukan setelah mengalami kecelakaan mobil yang dikutip oleh Otodiva.com dari aarp.org. Yuk simak!

1. Tentukan apakah ada yang terluka

Jangan meninggalkan lokasi kecelakaan bahkan yang kecil sekalipun. Prioritas pertama Anda adalah keselamatan segala sesuatu yang lain bisa menunggu, kata Rob Luna, manajer grup klaim mobil di American Automobile Association di Costa Mesa, California.
“Pastikan semua orang baik-baik saja dan dapatkan bantuan medis jika Anda atau orang lain membutuhkannya,” kata Luna.

2. Jauhkan diri Anda dan kendaraan Anda dari bahaya

Jika Anda tidak terluka dan hanya mengalami kecelakaannya kecil, kendarai mobil Anda dengan hati-hati ke sisi jalan agar tidak mengganggu lalu lintas. Tetap nyalakan lampu hazard dan atur suar atau segitiga darurat reflektif untuk memperingatkan pengemudi lain agar mengurangi kecepatan. Namun, jika tabrakan lebih parah atau jika ada yang terluka, tinggalkan kendaraan di tempatnya. Bahkan jika Anda tidak merasa terluka, berhati-hatilah saat keluar dari mobil Anda, terutama jika kecelakaan itu terjadi di jalan raya atau jalan raya yang ramai. Anda mungkin tidak berpikir logis, yang dapat menempatkan Anda dalam bahaya.

3. Hubungi polisi

Meskipun penting untuk melaporkan kecelakaan itu, di beberapa daerah polisi mungkin tidak menanggapi tabrakan kecil, kata Luna.
“Beberapa departemen kepolisian beralih ke pelaporan online versus mendedikasikan sumber daya ke lokasi kecelakaan,” katanya.

Jika polisi tiba, catat nama petugas dan informasi kontak. Pastikan untuk mendapatkan salinan laporan kecelakaan dari petugas. Jika polisi tidak datang, Anda dapat meminta salinan laporan dari kantor penegak hukum, atau melalui adjuster asuransi yang menangani klaim Anda.

4. Kumpulkan informasi penting

Gunakan kamera ponsel Anda untuk mengambil gambar dokumen atau dengan pena dan kertas, dapatkan nama, alamat, nomor telepon, dan nomor SIM semua orang yang terlibat dalam kecelakaan itu. Jika nama pengemudi tidak sesuai dengan STNK atau surat asuransi mobil, tentukan hubungan orang tersebut dengan pemilik kendaraan.

Kemudian, kumpulkan semua informasi kendaraan termasuk tahun, merek dan model, warna, nomor plat dan nomor identifikasi kendaraan. Dapatkan nomor polis asuransi dan nomor telepon perusahaan, jika orang lain tidak melaporkan kecelakaan itu, saran Luna. Lihat apakah ada saksi yang bersedia memberi Anda informasi kontak dan detail tentang apa yang mereka lihat. Jangan pernah membagikan nomor Jaminan Sosial Anda, batas pertanggungan pada polis asuransi Anda atau informasi pribadi lainnya.

5. Dokumentasikan

Rekam sedetail mungkin tentang kecelakaan itu menggunakan fitur kamera, video, dan memo suara ponsel cerdas Anda, saran Luna.

“Periksa dampaknya ke mobil. Apakah di sisi depan, sisi pengemudi, belakang? Paling mudah melakukannya dengan mengambil foto seluruh mobil dan foto close-up kerusakan mobil Anda dan pihak lain. ”

Catat tanggal dan waktu kecelakaan, dan foto atau videokan seluruh lokasi kecelakaan, termasuk bekas selip atau kerusakan properti. Catat nama jalan dan arah yang dituju masing-masing kendaraan sebelum dan sesudah kecelakaan.

“Satu hal yang sering terlewatkan adalah posisi mobil dengan jalan. Ini informasi penting, karena membantu adjuster menciptakan kembali kecelakaan saat Anda melaporkan klaim,” kata Luna. Buatlah sketsa diagram lokasi kecelakaan. Dengan menggunakan aplikasi memo suara di ponsel Anda, tentukan apa yang terjadi saat detailnya masih segar di benak Anda. Sertakan informasi tentang cuaca dan jarak pandang.

6. Hindari diskusi di pinggir jalan

Beberapa tahun yang lalu, Denise Schipani yang berumur 54 tahun dan putranya dihentikan di lampu lalu lintas dekat rumahnya di Stasiun Huntington, New York, ketika sebuah mobil menabrak mobil mereka dari belakang.
“Kami tersentak ke depan dan saya mengerem keras, berhenti tepat saat saya menyentuh bumper mobil di depan saya,” katanya. “Pada saat itu, saya tidak tahu apa yang terjadi, dan saya ingat saya bingung karena ada potongan-potongan kecil barang hitam di seluruh kursi belakang. Ternyata kaca belakang pecah. Kami gemetar, tetapi tidak ada yang terluka.”

Schipani menyalakan lampu hazard, memeriksa ulang apakah putranya baik-baik saja dan menelepon 911.
“Kemudian saya mendekati pengemudi lain. Dia mencoba menyalahkan daun basah di jalan, tetapi tidak ada,” katanya. “Jelas, itu adalah kasus dia berakselerasi sambil terganggu.”

Schipani dengan tepat memilih untuk tidak berdebat. Emosi dapat memuncak setelah kecelakaan mobil, jadi jika Anda yakin pengemudi lain terganggu atau agresif, percayalah pada insting Anda, saran Luna. “Tetap di mobil Anda dan jangan berinteraksi dengan orang itu, karena intervensi polisi mungkin diperlukan,” katanya.

7. Panggil truk derek jika diperlukan

Tergantung pada seberapa banyak kerusakan yang diderita mobil Anda, mungkin perlu ditarik ke pusat perbaikan tabrakan, kata Luna. Banyak orang memiliki keanggotaan klub motor dan bantuan pinggir jalan adalah salah satu manfaatnya. Polisi dapat menghubungi perusahaan truk derek dan beberapa produsen mobil juga menawarkan program bantuan pengemudi.

8. Hubungi perusahaan asuransi Anda

Meskipun mungkin tergoda untuk menegosiasikan kesepakatan tunai untuk menghindari klaim asuransi, memberi tahu perusahaan asuransi Anda setelah terjadi kecelakaan dapat membuat Anda bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan tersebut.

Agen asuransi Schipani menyatakan mobilnya mengalami kerugian total. Biaya perbaikan potensial melebihi nilai mobil. Kemudian, dia mengetahui bahwa pengemudi yang menabraknya memiliki cakupan asuransi yang sangat rendah.

“Mereka mengatakan adalah mungkin untuk mencoba mengambil uang darinya, tetapi akan lebih baik bagi mereka untuk menangani klaim itu,” katanya. “Saran saya adalah untuk jangan pernah meninggalkan tempat kejadian, bahkan untuk penyok fender kecil, terutama jika itu bukan salahmu.”

Dalam kasus seperti Schipani, ahli klaim asuransi Anda dapat membantu Anda menavigasi pilihan Anda.

“Jika asuransi orang lain tidak cukup untuk menutupi kerusakan Anda, profesional asuransi Anda dapat memeriksa polisi untuk pertanggungan apa pun yang mungkin mengatasi itu,” kata Luna. Misalnya, jika perusahaan asuransi Anda menganggap Anda tidak bersalah, itu mungkin memiliki pengabaian kewajiban sehingga Anda tidak membayar deductible Anda.

9. Tangani Melalui online

Banyak perusahaan asuransi sekarang menawarkan alat virtual seperti aplikasi ponsel untuk memungkinkan Anda memulai proses klaim secara online. Periksa bukti kartu asuransi Anda untuk petunjuk atau hubungi nomor telepon bebas pulsa. Perusahaan asuransi Anda akan meminta banyak informasi tentang kecelakaan dan bahkan mungkin meminta Anda untuk menggunakan alat inspeksi jarak jauh melalui ponsel cerdas Anda.

Selain mendokumentasikan detail kecelakaan, beberapa perusahaan asuransi dapat mengirim truk derek, mengatur mobil sewaan, atau memberikan bantuan pinggir jalan lainnya melalui aplikasi.

Tetap berhubungan dengan perusahaan asuransi Anda setelah melaporkan kecelakaan dan simpan semua dokumen terkait kecelakaan Anda terorganisir saat Anda bekerja dengan adjuster Anda untuk memproses klaim Anda, kata Luna.

10. Temui dokter

Anda mungkin merasa baik-baik saja setelah kecelakaan, tetapi beberapa cedera baru terlihat setelah satu atau dua hari. Anda dapat mengalami cedera kepala atau tulang belakang yang serius dari benturan kecil, jadi kunjungi dokter jika Anda mengalami rasa sakit atau gejala yang tidak biasa.

Cedera akibat kecelakaan biasanya termasuk dalam klaim asuransi mobil Anda, jadi penting untuk mendokumentasikan kerusakan fisik apa pun yang berasal dari kecelakaan itu.



Baca Juga: https://otodiva.com/2021/07/27/tips-memilih-warna-mobil-jangan-sampai-salah-pilih/

Share.
Leave A Reply

Exit mobile version