メニューを閉じます
Otodiva
  • 家
  • ニュース
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
翻訳

デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
Facebook x (ツイッター) Instagram
  • 私たちの家族:
  • ガジェットディバ
  • Traveldiva
  • ギゾラジー
月曜日, 20 10月 2025 5:34 PM
Facebook x (ツイッター) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • ニュース

    疲れた世界のフェンネルの浸透 94% の上 2035, 中国が主なドライバーです

    6 10月 2025 2:36 PM

    GWMはOraを紹介します 5, 電動SUVチャレンジャーByd atto 3

    29 9月 2025 1:09 PM

    ダイハツは2番目のポジションを維持しています, 最初の自動車セグメントの優位性

    25 9月 2025 4:00 PM

    いすuzuは、商業車両市場を強化します, 半透明の輸出 20 国家

    25 9月 2025 10:23 午前

    インドネシアのEVエコシステムとビジネスを強化するトヨタ

    24 9月 2025 11:03 PM
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
Otodiva
あなたはいます:家»ニュース»Cukai Karbon: Solusi Adil untuk Meningkatkan Pendapatan Negara Lebih dari PPN 12%
ニュース

Cukai Karbon: Solusi Adil untuk Meningkatkan Pendapatan Negara Lebih dari PPN 12%

分離による 分離30 12月 2024 10:27 PM更新:30 12月 2024 10:28 PMコメントはありません3 分を読む
Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
Jakarta
共有
Facebook ツイッター LinkedIn Pinterest メール

Pemerintah tengah bersiap untuk meningkatkan pendapatan negara melalui kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (ppn) menjadi 12% の上 2025. Kebijakan ini diprediksi berdampak signifikan pada sektor otomotif, yang otomatis akan menaikkan harga jual kendaraan bermotor baru. しかし, para pakar mengusulkan alternatif yang lebih menjanjikan: penerapan cukai karbon pada kendaraan bermotor.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), menyatakan bahwa cukai karbon dapat menjadi solusi adil untuk meningkatkan pendapatan negara sekaligus mendorong pengurangan emisi karbon. Dalam sebuah diskusi bertajuk “Opsi Lain PPN12%: Cukai Karbon Kendaraan Catatan Mitigasi Emisi Kendaraan Tahun 2024” di Jakarta, Safrudin menjelaskan bahwa cukai karbon dapat membuka ruang fiskal baru tanpa membebani semua pihak secara merata.

目次

トグル
  • Apa Itu Cukai Karbon?
  • Bagaimana Cukai Karbon Diterapkan?
  • Manfaat Ekonomi dan Lingkungan
  • Mengapa Cukai Karbon Lebih Menjanjikan?

Apa Itu Cukai Karbon?

Cukai karbon adalah pajak tambahan yang dikenakan berdasarkan tingkat emisi karbon dari kendaraan bermotor. Dengan skema ini, pemerintah dapat menerapkan dua pendekatan: tax feebate そして tax rebate.

  • Tax Feebate: Pajak tambahan untuk kendaraan yang memiliki emisi karbon di atas standar.
  • Tax Rebate: Insentif bagi kendaraan yang emisi karbonnya lebih rendah dari standar yang ditetapkan.

Safrudin mengusulkan standar emisi karbon sebagai acuan cukai. Misalnya, kendaraan roda empat seperti sedan dan MPV diharapkan memenuhi standar maksimal 118 g/km pada 2025. Untuk sepeda motor, batasnya diusulkan 85 g/km, sedangkan kendaraan berat seperti bus dan truk hingga 1.500 g/km.

Bagaimana Cukai Karbon Diterapkan?

Kendaraan dengan emisi karbon yang melebihi standar akan dikenakan pajak tambahan per gram kelebihannya. Sebagai ilustrasi:

  • Sebuah kendaraan MPV rata-rata menghasilkan emisi karbon 200 g/km, melampaui standar 118 g/km sebesar 82 g. Jika setiap gram kelebihan dikenai cukai Rp 2,25 百万, maka total cukai yang harus dibayar mencapai Rp 180 百万. Hal ini akan menaikkan harga kendaraan tersebut secara signifikan di pasaran.

の代わりに, kendaraan dengan emisi karbon di bawah standar akan menerima insentif yang dapat mengurangi harga jualnya. Misalnya, mobil listrik dengan emisi karbon 60 g/km berhak atas pengurangan harga hingga Rp 135 百万, menjadikannya lebih terjangkau dibanding kendaraan berbahan bakar fosil.

Manfaat Ekonomi dan Lingkungan

Penerapan cukai karbon tidak hanya menghasilkan pendapatan negara yang signifikan, tetapi juga mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan rendah emisi. Menurut perhitungan Safrudin, pemerintah berpotensi meraih Rp 92 triliun per tahun dari cukai karbon, jauh lebih besar dibandingkan kenaikan PPN 12% yang hanya menghasilkan tambahan Rp 67 triliun.

“Cukai karbon memberikan dampak ganda. Selain meningkatkan pendapatan negara, kebijakan ini juga memotivasi produsen kendaraan untuk mengembangkan teknologi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Safrudin.

Meski kendaraan dengan emisi karbon tinggi tetap diperbolehkan untuk dijual, penerapan cukai ini akan membuatnya jauh lebih mahal. の代わりに, kendaraan rendah karbon akan menjadi lebih terjangkau, memberikan insentif bagi konsumen untuk memilih opsi yang lebih ramah lingkungan.

Dengan potensi keuntungan fiskal dan dampak positif terhadap lingkungan, Safrudin mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan penerapan cukai karbon sebagai opsi utama. Ia menekankan pentingnya kebijakan ini untuk memberikan kontribusi nyata terhadap mitigasi perubahan iklim sekaligus mengoptimalkan pendapatan negara.

Mengapa Cukai Karbon Lebih Menjanjikan?

Jika dibandingkan dengan kenaikan PPN, cukai karbon menawarkan solusi yang lebih berkeadilan. Beban pajak tidak dikenakan secara merata, melainkan berdasarkan tingkat emisi karbon yang dihasilkan. Dengan demikian, masyarakat yang memilih kendaraan rendah emisi justru akan mendapatkan keuntungan finansial.

Safrudin berharap, melalui kebijakan ini, Indonesia dapat menunjukkan komitmen serius dalam menurunkan emisi karbon dan memenuhi target iklim global. “Mengapa tidak memilih solusi yang lebih menguntungkan dan ramah lingkungan seperti cukai karbon?” pungkasnya.

Dengan implementasi cukai karbon, pemerintah tidak hanya membuka peluang pendapatan yang lebih besar, tetapi juga menciptakan pasar kendaraan yang lebih adil dan berkelanjutan. Kebijakan ini dapat menjadi langkah maju dalam mewujudkan transportasi ramah lingkungan di Indonesia.

cukai karbon emisi karbon 見出し 電気自動車 kendaraan rendah emisi pajak karbon Pajak Kendaraan pendapatan negara ppn 12%
共有. Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
前の記事Tesla Pilih Chip Samsung untuk Dorong Performa Komputer Super Dojo
次の記事 Harga Wuling Bingo di Vietnam Lebih Murah hingga Rp 70 百万, Apa Penyebabnya?
分離

関連している 投稿

疲れた世界のフェンネルの浸透 94% の上 2035, 中国が主なドライバーです

6 10月 2025 2:36 PM

GWMはOraを紹介します 5, 電動SUVチャレンジャーByd atto 3

29 9月 2025 1:09 PM

ダイハツは2番目のポジションを維持しています, 最初の自動車セグメントの優位性

25 9月 2025 4:00 PM
返信を残してください 返信をキャンセルします

翻訳
言語を選択します
  • English English/en/10191-cukai-karbon-solusi-adil-untuk-meningkatkan-pendapatan-negara/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/10191-cukai-karbon-solusi-adil-untuk-meningkatkan-pendapatan-negara/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/10191-cukai-karbon-solusi-adil-untuk-meningkatkan-pendapatan-negara/
  • 日本語 日本語/ja/10191-cukai-karbon-solusi-adil-untuk-meningkatkan-pendapatan-negara/
デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
最新のアップデート

疲れた世界のフェンネルの浸透 94% の上 2035, 中国が主なドライバーです

6 10月 2025 2:36 PM

GWMはOraを紹介します 5, 電動SUVチャレンジャーByd atto 3

29 9月 2025 1:09 PM

ダイハツは2番目のポジションを維持しています, 最初の自動車セグメントの優位性

25 9月 2025 4:00 PM

いすuzuは、商業車両市場を強化します, 半透明の輸出 20 国家

25 9月 2025 10:23 午前

インドネシアのEVエコシステムとビジネスを強化するトヨタ

24 9月 2025 11:03 PM
RSS ガジェットディバ
  • Layanan AWS Padam, Lumpuhkan Ribuan Platform Daring Lainnya
  • Dari Kios ke AI: Cara MWX dan Kemenkop UKM Bekali Pelaku UMKM DIY Hadapi Era Digital
  • Aturan AI Masuk Tahap Finalisasi, Intip Bocorannya
  • Kemkomdigi Terbitkan SE Pengumpulan Data Pelatihan Talenta Digital Nasional, Apa Fungsinya?
  • Sam Altman Tegaskan OpenAI Bukan Polisi Moral Dunia
© 2025 Otodiva, 女性の自動車愛好家向けのオンラインメディア. 搭載 PT Cipta Creative Content.
  • 家
  • オートディバについて
  • 編集チーム
  • サイバーメディアガイドライン

上記と入力して押します 入力 検索する. プレス ESC キャンセルします.

広告ブロッカーが有効になっています?
広告ブロッカーが有効になっています?
広告は、Otidivaが質の高いコンテンツを提示し続けるのに役立ちます. Adblockerを非アクティブ化することで私たちをサポートしてください.