メニューを閉じます
Otodiva
  • 家
  • ニュース
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
翻訳

デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
Facebook x (ツイッター) Instagram
  • 私たちの家族:
  • ガジェットディバ
  • Traveldiva
  • ギゾラジー
土曜日, 15 11月 2025 12:22 午前
Facebook x (ツイッター) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • ニュース

    Daihatsu Rocky Hybrid: Performa Ngebut tapi Tetap Super Irit, Ini Rahasianya!

    8 11月 2025 4:45 PM

    Kia PV5 Cargo Pecahkan Rekor Dunia! 半透明 693,38 Km Sekali Cas dengan Muatan Penuh

    8 11月 2025 4:30 PM

    トヨタ、ジャパンモビリティショーでマルチパスウェイ戦略を披露 2025

    30 10月 2025 1:06 PM

    吉利スターレイEM-i、インドネシアで発売準備完了, 超効率性とインテリジェントなハイブリッド技術を提供

    27 10月 2025 1:33 PM

    OMODA O4 サイバーメカデザインの未来型SUV

    22 10月 2025 12:32 PM
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
Otodiva
あなたはいます:家»ニュース»Setir Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Ban Hankook jadi Solusinya
ニュース

Setir Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Ban Hankook jadi Solusinya

jundiによる jundi21 10月 2021 3:46 PMコメントはありません4 分を読む
Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
共有
Facebook ツイッター LinkedIn Pinterest メール

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan, terkadang Anda merasakan setir bergetar berlebihan. Tak jarang, dengan sendirinya setir berubah haluan ke kanan atau kiri. Sekilas situasi ini tampak tidak terlalu serius, tapi kondisi tersebut merupakan indikasi bahwa ban mobil membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Posisi roda dapat akan berubah seiring jangka waktu pemakaian, kondisi jalan yang ditempuh, serta gaya mengemudi. Cara lain untuk mengetahui apakah ban kendaraan Anda sudah harus memerlukan alignment adalah dengan membawa mobil dalam kecepatan rendah seperti 40 それまで 50 km/hour. Jika setir berbelok sendiri ke arah kanan atau kiri, tandanya ban sudah harus mendapatkan perawatan.

Setiap beberapa waktu, pemilik kendaraan perlu melakukan wheel alignment atau yang lebih dikenal dengan istilah spooring untuk menyelaraskan setelan posisi roda agar menyeimbangkan antara setelan toe, camber または caster.

Proses alignment pada ban wajib dilakukan oleh pemilik dan pengendara mobil ketika posisi setir sudah tidak searah dengan posisi ban mobil. Hal tersebut diakibatkan oleh posisi dari sudut camber dan sudut caster yang sudah melenceng terlalu jauh. Perubahan signifikan akibat ketidaksesuaian dari posisi ban akan paling dirasakan melalui keadaan setir tidak bisa lurus, sehingga membuat pengendara seakan-akan sulit untuk mengendalikan mobil mereka.

Secara teknis wheel alignment atau spooring akan membantu ban untuk mengintegrasikan semua faktor geometri dari sistem kemudi dan suspensi, untuk menghasilkan kualitas stabilitas kendaraan yang lebih baik dan tentunya juga meningkatkan masa pakai ban.

Lain halnya dengan wheel alignment atau spooring, istilah balancing juga kerap didengar oleh para pemilik dan pengendara mobil. Walaupun hampir serupa dengan alignment, balancing pada ban merupakan proses penyeimbangan pada titik atas – bawah serta kiri – kanan ban mobil, dengan metode penambahan timah pada bagian yang kurang bobotnya, agar menjadi lebih seimbang.

Balancing juga memiliki fungsi lain yakni untuk menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang, dan agar ban tetap dapat berputar sempurna tanpa adanya getaran berlebihan.

Jika balancing tidak dilakukan pada ban, getaran berlebihan pada mobil akan memaksa mesin kendaraan untuk bekerja lebih keras agar mobil tetap melaju ke depan. Akibatnya, pemakaian bahan bakar akan lebih meningkat dibandingkan saat ban dalam posisi selaras. Ban yang belum pernah mendapatkan perawatan balancing akan lebih rentan rusak sebelum waktunya, apalagi jika sering digunakan pada kontur jalanan yang bergelombang atau berlubang.

President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin mengingatkan bahwa sebaiknya, alignment そして balancing pada ban dilakukan ketika mobil sudah mencapai di atas 10.000 km dan harus dilakukan secara berkala. “Khusus untuk balancing ban, juga dapat dilakukan ketika pemilik dan pengendara mobil baru saja mengganti ban yang memerlukan balancing untuk menyesuaikan antara ban baru dan velg mobil. Balancing juga dapat dilakukan jika dirasa ada getaran berlebihan saat sedang dikendarai pada kecepatan 100km/jam,” jelas Yoonsoo Shin.

Saat ini Hankook Tire Indonesia sudah menawarkan teknologi Alignment Indicator yang berfungsi untuk memudahkan para pemilik dan pengendara mobil dalam mengetahui kondisi keausan ban, melalui dua pasang lubang kecil yang terdapat pada kedua sisi luar tapak ban. Fitur ini juga berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada alignment roda, jika salah satu dari dua lubang tersebut berkurang akibat terkikis terlebih dahulu.

Hankook Tire Indonesia juga memberikan beberapa pilihan ban untuk mobil penumpang, salah satunya Ventus Prime3 yang dapat digunakan di semua jenis musim serta cuaca. Ventus Prime3 juga memiliki performa premium dengan traksi yang sudah ditingkatkan, serta pengereman yang semakin optimal baik di keadaan cuaca kering dan basah, sehingga cocok digunakan di negara dua musim seperti di Indonesia. Dikembangkan dengan teknologi terbaru memungkinkan pola pada garis ban untuk tidak rusak, meskipun sedang mengalami keausan parah.

Produk-produk Hankook tersedia melalui seluruh jaringan distributor Hankook yang sudah tersebar hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tim Distributor Hankook juga telah terlatih untuk dapat memberikan konsultasi perawatan ban kepada para pelanggan Hankook di seluruh Indonesia.

Baca juga : Ini Peran Ban Ganda untuk Kendaraan Niaga menurut Hankook

Ban Hankook Hankook Tire 見出し Kecepatan Tinggi ニュース
共有. Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
前の記事Apa Itu Wheelbase Pada Mobil? Inilah Beberapa Penjelasannya!
次の記事 Mesin Sering Knocking, Ini Penyebabnya!
jundi

関連している 投稿

Daihatsu Rocky Hybrid: Performa Ngebut tapi Tetap Super Irit, Ini Rahasianya!

8 11月 2025 4:45 PM

Kia PV5 Cargo Pecahkan Rekor Dunia! 半透明 693,38 Km Sekali Cas dengan Muatan Penuh

8 11月 2025 4:30 PM

トヨタ、ジャパンモビリティショーでマルチパスウェイ戦略を披露 2025

30 10月 2025 1:06 PM
返信を残してください 返信をキャンセルします

翻訳
言語を選択します
  • English English/en/2432-setir-bergetar-saat-kecepatan-tinggi-ban-hankook-jadi-solusinya/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/2432-setir-bergetar-saat-kecepatan-tinggi-ban-hankook-jadi-solusinya/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/2432-setir-bergetar-saat-kecepatan-tinggi-ban-hankook-jadi-solusinya/
  • 日本語 日本語/ja/2432-setir-bergetar-saat-kecepatan-tinggi-ban-hankook-jadi-solusinya/
デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
最新のアップデート

Daihatsu Rocky Hybrid: Performa Ngebut tapi Tetap Super Irit, Ini Rahasianya!

8 11月 2025 4:45 PM

Kia PV5 Cargo Pecahkan Rekor Dunia! 半透明 693,38 Km Sekali Cas dengan Muatan Penuh

8 11月 2025 4:30 PM

トヨタ、ジャパンモビリティショーでマルチパスウェイ戦略を披露 2025

30 10月 2025 1:06 PM

吉利スターレイEM-i、インドネシアで発売準備完了, 超効率性とインテリジェントなハイブリッド技術を提供

27 10月 2025 1:33 PM

OMODA O7 はクラスで最も先進的な自動駐車技術を導入, 新世代のスマートカー時代の幕開け

25 10月 2025 7:52 PM
RSS ガジェットディバ
  • ギャラクシーZフリップ 7 Jadi Best Gadget for Women di Indonesia Gadget Award 2025
  • Galaxy Tab A11: Tablet Serbaguna untuk Belajar, Bermain, dan Hiburan Digital Satu Keluarga
  • Indosat, Nokia, dan NVIDIA Bangun AI-RAN Research Center Pertama di Asia, Dorong Lompatan Besar Mobile AI Indonesia
  • OPPO Luncurkan Apex Guard: Standar Baru Kualitas Smartphone yang Lebih Tangguh, Awet, dan Stabil
  • Indibiz Dorong UKM Jadi Pahlawan Digital 2025, Ajak Pelaku Usaha Terus Bergerak Majukan Ekonomi
© 2025 Otodiva, 女性の自動車愛好家向けのオンラインメディア. 搭載 PT Cipta Creative Content.
  • 家
  • オートディバについて
  • 編集チーム
  • サイバーメディアガイドライン

上記と入力して押します 入力 検索する. プレス ESC キャンセルします.

広告ブロッカーが有効になっています?
広告ブロッカーが有効になっています?
広告は、Otidivaが質の高いコンテンツを提示し続けるのに役立ちます. Adblockerを非アクティブ化することで私たちをサポートしてください.