メニューを閉じます
Otodiva
  • 家
  • ニュース
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
翻訳

デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
Facebook x (ツイッター) Instagram
  • 私たちの家族:
  • ガジェットディバ
  • Traveldiva
  • ギゾラジー
金曜日, 26 12月 2025 12:05 PM
Facebook x (ツイッター) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • ニュース

    MAB と BIBU が協力してバリ島北部空港で電気交通を導入

    20 12月 2025 2:24 PM

    JAECOO、3SディーラーSunter North Jakartaを開設, 販売・アフターサービスの強化

    20 12月 2025 10:39 午前

    インセンティブの廃止, 電気自動車の販売 2026 大幅な減少の恐れがある

    14 12月 2025 8:40 PM

    閉店 2025, カワサキプレゼンツ 3 新型バイクでプレミアムセグメントを強化

    12 12月 2025 9:13 午前

    GAC、1月にGovy AirCab空飛ぶ自動車の試験生産を準備 2026, 注文はもうすぐそこまで来ています 2.000 ユニット

    10 12月 2025 1:30 PM
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
Otodiva
あなたはいます:家»ニュース»Bioetanol: Solusi Ramah Lingkungan untuk Energi Masa Depan?
ニュース

Bioetanol: Solusi Ramah Lingkungan untuk Energi Masa Depan?

分離による 分離25 9月 2024 11:08 PMコメントはありません3 分を読む
Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
Bioetanol
共有
Facebook ツイッター LinkedIn Pinterest メール

Otodiva – Semangat untuk mengurangi emisi gas buang harus terus dipupuk demi masa depan yang lebih bersih dan lestari. Seiring dengan upaya global untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim, teknologi yang mampu menekan emisi gas buang kini menjadi prioritas di berbagai sektor, termasuk dalam pengembangan bioetanol. Bioetanol, sebagai bahan bakar alternatif, kini mulai diperhitungkan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang lebih hijau.

Menurut Prof. Dr. Ronny Purwadi, seorang peneliti dari ITB, Indonesia saat ini berada di persimpangan yang krusial dalam perjalanan mencapai kemandirian energi dan menghadapi perubahan iklim. Ketergantungan negara terhadap bahan bakar fosil semakin meningkat, sementara dampak negatif terhadap lingkungan menjadi semakin nyata. したがって, penggunaan bahan bakar alternatif seperti bioetanol menjadi sangat penting.

“Di tengah tekanan global untuk beralih ke energi yang lebih bersih, bioetanol menawarkan peluang besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal di Indonesia,” ujar Ronny.

Indonesia saat ini sudah memimpin dalam penerapan biodiesel dengan program B35, dan akan segera meningkatkan penggunaannya menjadi B40. それにもかかわらず, Ronny menegaskan bahwa Indonesia masih tertinggal dalam implementasi bioetanol, khususnya untuk kendaraan berbahan bakar bensin. Padahal, potensi bioetanol sebagai bahan bakar alternatif sangat besar.

Bioetanol sendiri diproduksi dari berbagai sumber daya biomassa seperti molases tebu, sorgum, jagung, atau singkong. Pengembangan bioetanol di Indonesia, selain dapat mengurangi emisi karbon, juga akan memberikan manfaat besar lainnya, seperti meningkatkan ketahanan energi nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut, Ronny menjelaskan bahwa meskipun bioetanol masih menghasilkan emisi, penting untuk dipahami bahwa bioetanol dianggap sebagai bahan bakar “carbon neutral”. Hal ini karena CO2 yang dihasilkan saat bioetanol terbakar diserap kembali oleh tanaman yang digunakan untuk memproduksi bioetanol tersebut. Dengan demikian, siklus karbon dari bioetanol dapat dianggap netral.

“Secara netto, tidak ada penambahan gas CO2 ke atmosfer, sehingga siklus karbonnya menjadi lebih ramah lingkungan. したがって, pengembangan industri bioetanol sangat penting sebagai strategi jangka menengah hingga jangka panjang. Selain membantu mengatasi masalah energi, bioetanol juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan,” ujar Ronny.

Beberapa waktu lalu, PT Pertamina telah memulai langkah nyata dalam mendukung pengembangan bioetanol di Indonesia. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (ジアス) 2024, Pertamina memperkenalkan bahan bakar bioetanol 100% yang diuji sebagai pengganti bensin. Langkah ini menjadi sinyal bahwa bioetanol memiliki masa depan yang cerah di Indonesia.

Oki Muraza, Senior Vice President Technology Innovation PT Pertamina, mengungkapkan bahwa Pertamina telah memproduksi sebanyak 150 liter bioetanol dari ampas biomassa, yaitu batang tanaman sorgum. Proses produksi tersebut dilakukan di Laboratorium Teknologi Inovasi Pertamina, menggunakan peralatan distilasi dan dehidrasi yang canggih.

“Nira sorgum diperoleh melalui kerja sama dengan universitas setempat yang telah melakukan uji penanaman di beberapa lahan. その後, nira diolah melalui proses fermentasi menjadi bioetanol dan dimurnikan lebih lanjut,” jelas Oki.

Langkah ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan bahan bakar terbarukan. Meski masih berada dalam tahap awal, pengembangan bioetanol di Indonesia harus terus didorong, baik melalui kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan industri.

最終的に, transisi energi menuju bahan bakar yang lebih ramah lingkungan seperti bioetanol harus menjadi prioritas. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia tidak hanya dapat meningkatkan ketahanan energi, tetapi juga berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Urgensi pengembangan bioetanol tidak hanya menjadi solusi bagi masalah lingkungan saat ini, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

bahan bakar terbarukan bioetanol emisi karbon クリーンエネルギー energi terbarukan 見出し kemandirian energi lingkungan hidup Pertamina
共有. Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
前の記事Toyota Menanggapi Pernyataan Airlangga Tentang Penjualan Mobil Hybrid Tanpa Insentif
次の記事 Harga Mobil Bekas Mazda Mulai dari Rp59 Juta, Pilihan Terbaik untuk Pembeli
分離

関連している 投稿

MAB と BIBU が協力してバリ島北部空港で電気交通を導入

20 12月 2025 2:24 PM

JAECOO、3SディーラーSunter North Jakartaを開設, 販売・アフターサービスの強化

20 12月 2025 10:39 午前

インセンティブの廃止, 電気自動車の販売 2026 大幅な減少の恐れがある

14 12月 2025 8:40 PM
返信を残してください 返信をキャンセルします

翻訳
言語を選択します
  • English English/en/9788-bioetanol-solusi-untuk-energi-masa-depan/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/9788-bioetanol-solusi-untuk-energi-masa-depan/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/9788-bioetanol-solusi-untuk-energi-masa-depan/
  • 日本語 日本語/ja/9788-bioetanol-solusi-untuk-energi-masa-depan/
デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
最新のアップデート

MAB と BIBU が協力してバリ島北部空港で電気交通を導入

20 12月 2025 2:24 PM

JAECOO、3SディーラーSunter North Jakartaを開設, 販売・アフターサービスの強化

20 12月 2025 10:39 午前

インセンティブの廃止, 電気自動車の販売 2026 大幅な減少の恐れがある

14 12月 2025 8:40 PM

電気自動車を売るだけではない, BYD、来年インドネシアで独自のリース会社を設立する準備ができている

14 12月 2025 8:29 PM

閉店 2025, カワサキプレゼンツ 3 新型バイクでプレミアムセグメントを強化

12 12月 2025 9:13 午前
RSS ガジェットディバ
  • Telkomsel Perkuat Jaringan Selama Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, Trafik Digital Diprediksi Naik Signifikan
  • Update One UI 8 Watch Galaxy Watch4 Resmi Tersedia di India dan Amerika Serikat
  • Xiaomi 17 Ultra Resmi Meluncur: Kamera Telefoto 200MP, Baterai Jumbo 6.800mAh, dan Sentuhan Leica
  • OnePlus Turbo Siap Meluncur Global, Bawa Baterai 9.000 mAh dan Performa Kencang
  • Huawei Watch 5 Edisi 10 Tahun Resmi Rilis, Ini Desain Spesial, Fitur Unggulan, dan Perbedaannya dari Versi Reguler
© 2025 Otodiva, 女性の自動車愛好家向けのオンラインメディア. 搭載 PT Cipta Creative Content.
  • 家
  • オートディバについて
  • 編集チーム
  • サイバーメディアガイドライン

上記と入力して押します 入力 検索する. プレス ESC キャンセルします.

広告ブロッカーが有効になっています?
広告ブロッカーが有効になっています?
広告は、Otidivaが質の高いコンテンツを提示し続けるのに役立ちます. Adblockerを非アクティブ化することで私たちをサポートしてください.