Otodiva – Mendekati Lebaran 2024, sebagian besar penduduk Indonesia, terutama di perkotaan, sibuk mempersiapkan diri untuk mudik. Selain memilih transportasi umum, banyak pemudik yang lebih memilih kendaraan pribadi, bahkan beberapa di antaranya memilih mobil listrik (EV). Tentu saja, persiapan yang matang diperlukan agar perjalanan mudik berlangsung lebih aman dan nyaman.

Menyambut antusiasme masyarakat menjelang periode mudik tahun ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengumpulkan beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang ingin mudik menggunakan mobil listrik.

1. Melakukan pengecekan ke bengkel resmi.
Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk melakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Ini penting bagi pemilik kendaraan pribadi, baik konvensional maupun listrik, guna memastikan bahwa semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik sehingga siap untuk perjalanan jauh.

2. Tentukan rute perjalanan, untuk memastikan baterai cukup sampai tujuan.
Perencanaan rute perjalanan sangat diperlukan, terutama untuk pemilik mobil listrik guna memastikan ketersediaan baterai hingga tujuan. Hyundai menawarkan mobil listrik dengan jangkauan baterai yang luas, seperti IONIQ 5 dengan jarak tempuh hingga 519 km per pengisian daya, sehingga pemudik bisa merasa lebih percaya diri.

3. Ketahui lokasi charging station Hyundai di rute perjalanan mudikmu.
Mengetahui lokasi stasiun pengisian daya di sepanjang rute perjalanan juga sangat penting. Hyundai telah menyediakan jaringan stasiun pengisian daya yang luas di seluruh Indonesia, termasuk di dealer-dealer mereka, untuk memastikan pengalaman pengisian daya yang nyaman bagi pelanggan.

4. Tetap tenang meski dilanda kemacetan arus mudik.
Meskipun kemacetan seringkali terjadi selama mudik, pemilik mobil listrik tetap bisa tenang karena konsumsi daya listriknya relatif rendah saat mesin idle. Namun, tetap penting untuk memperhatikan tingkat baterai dan mencari stasiun pengisian daya jika diperlukan.

5. Pengalaman berkendara mudik yang worry-free dengan Hyundai Jaga perjalanan mudikmu.
Hyundai menawarkan program “Hyundai Jaga Perjalanan Mudikmu” untuk membantu pemudik merasa lebih tenang dan nyaman selama perjalanan pulang kampung. Program ini mencakup bantuan jika terjadi masalah pada mobil listrik dan memberikan pengalaman berkendara mudik yang tanpa khawatir.
Hyundai jaga perjalanan mudikmu hadir di beberapa rest area yang bisa dinikmati oleh pelanggan setia melalui layanan Hyundai Before Service yang menyediakan berbagai layanan gratis seperti pengecekan kendaraan, perbaikan darurat, ganti oli dengan 2 liter oli secara gratis, cuci mobil. Layanan ini tersebar di:

  • Rest Area Cikampek KM 57 (5–12 April)
  • Rest Area Semarang KM 429A (5–11 April)
  • SPBU Utama Raya Situbondo (6–15 April)
  • Rest Area Brebes KM 260B (12–15 April)

Seluruh lokasi Hyundai Before Service juga menyediakan AC charging untuk mobil listrik Hyundai dan ruang tunggu serta makanan ringan. Khusus di Rest Area Cikampek (KM 57), turut tersedia layanan pengisian nitrogen, kursi pijat, musala, dan kids area. 

Kemudian, dalam kondisi darurat, pelanggan bisa menggunakan Layanan Darurat 24 Jam yang dapat diakses via aplikasi MyHyundai, Call Center resmi Hyundai di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa), maupun via Bluelink. Adapun layanan darurat 24 jam meliputi:

  • Roadside Assistance
    Bagi pemudik yang mengalami kendala pada mobil dan harus membawanya ke bengkel resmi Hyundai terdekat bisa menggunakan layanan Roadside Assistance, layanan towing ini berlaku untuk seluruh model kendaraan Hyundai tanpa batasan tahun dan km (berlaku di Sumatera, Sulawesi, Bali, Jawa, dan Nusa Tenggara Barat).
  • Hyundai Take Me Home
    Hyundai akan mengantarkan pelanggan sampai di tempat tujuan mudik apabila mobil pelanggan terkendala di jalan saat perjalanan mudik dan harus menginap di bengkel resmi. Layanan ini berlaku untuk kendaraan dalam masa garansi.
  • Hyundai Mobile Service
    Apabila pemudik memiliki kendala ringan dijalan, Hyundai Mobile Service memberikan layanan perbaikan darurat di jalan. Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Cirebon, Bandung, Nagreg, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Lampung, Medan dan Bali.
  • Hyundai Mobile Charging
    Bagi pelanggan yang menggunakan mobil listrik Hyundai dan mengalami baterai kendaraan yang menipis, Hyundai Jaga perjalanan mudikmu menyediakan layanan Mobile Charging yang menawarkan layanan pengisian daya hingga 10 kWh dengan metode pengisian daya fast charging melalui Vehicle-to-Vehicle (V2V). Layanan Mobile Charging memanfaatkan unit KONA Electric dan IONIQ 5 yang dilengkapi dengan konverter khusus sebagai mobil penyumbang listrik. Mobile Charging ini tersedia di sejumlah daerah seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Bali.

Lebih lanjut sebagai bagian dari Hyundai Jaga perjalanan mudikmu, Hyundai menghadirkan Bengkel Siaga yang akan membantu pemudik menjaga kondisi kendaraan selalu prima selama perjalanan melalui berbagai solusi perawatan dan perbaikan. Pelanggan juga dapat berkonsultasi dengan layanan bengkel ini. Bengkel resmi Hyundai akan tetap buka selama libur Lebaran tanggal 6–15 April 2024 sesuai jam operasional masing-masing. Khusus pada 10–11 April, bengkel hanya buka pukul 13.00–16.30 waktu setempat. Bengkel Siaga Hyundai akan hadir di beberapa titik berikut:

  • Jabodetabek & Banten (Cilegon, Pluit, BSD City, DI Panjaitan, Simprug, Kalimalang, Cibubur, Sholeh Iskandar)
  • Jawa Barat (Karawang, Cirebon, Leuwipanjang, Ahmad Yani)
  • Jawa Tengah dan Yogyakarta (Tegal, Purwokerto, Puri Anjasmoro, Solo Baru, Mlati)
  • Jawa Timur (Wiyung, Gubeng, Sutoyo, Kediri, Jember)
  • Bali (Sunset Road)
  • Sumatra (SM Raja, Panam, Khatib Sulaiman, Soetta, Jambi)
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version