关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
周四, 28 八月 2025 8:28 是
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    daihatsu是生产的 9 印度尼西亚百万单位, 对行业有什么影响?

    27 八月 2025 3:50 下午

    铃木Swift Sport最终版正式在马来西亚推出, 那印尼呢?

    27 八月 2025 2:42 下午

    Vifast通过电池订阅计划改变了印度尼西亚的电动汽车竞争策略

    27 八月 2025 1:25 下午

    丰田确保Veloz混合诱发 2026, 在印度尼西亚生产

    26 八月 2025 2:19 下午

    梅赛德斯 - 奔驰塔里克 3.749 由于转向螺栓问题而导致的车辆单元

    26 八月 2025 12:09 下午
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»消息»将电动汽车经销商扩展到印度尼西亚东部的mab集团
消息

将电动汽车经销商扩展到印度尼西亚东部的mab集团

赫宁经过 赫宁25 六月 2025 3:03 下午暂无评论7 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

天堂, seperti kita ketahui tren kendaraan listrik makin menggeliat di Tanah Air. Untuk mempercepat adopsinya, MAB Group melalui anak usahanya PT MAB Distributor Indonesia (MABDI) mengambil langkah strategis dengan memperluas jaringan distribusi ke kawasan Indonesia Timur. Lewat kemitraan baru dengan PT Mata Cahaya Timur, MABDI membuka peluang besar bagi masyarakat Sulawesi, Maluku, dan Papua untuk lebih mudah mengakses kendaraan listrik.

Kerja sama antara MABDI dan PT Mata Cahaya Timur menandai tonggak penting dalam ekspansi pasar kendaraan listrik nasional. PT Mata Cahaya Timur ditunjuk sebagai mitra dealer resmi dengan konsep 3S (销售量, 服务, Sparepart). Ini artinya, mereka tidak hanya menjual unit kendaraan, tapi juga menyediakan layanan purna jual dan suku cadang asli.

Menurut Jaka Perwira Rahmansyah, Direktur Utama MABDI, kemitraan ini bukan sekadar ekspansi, melainkan bagian dari misi jangka panjang perusahaan. “Kami berkomitmen menghadirkan jaringan distribusi yang profesional dan menjangkau hingga ke pelosok timur Indonesia,“他说.

MABDI Fokus Ekspansi Kendaraan Listrik Komersial di Kawasan Tambang Timur Indonesia

Fokus MABDI ekspansi di sektor kendaraan listrik komersial dengan menyasar pasar besar di kawasan tambang Indonesia Timur, menurut Jaka, diarahkan pada digitalisasi armada transportasi guna mengurangi dampak kenaikan harga solar dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dia mengatakan, perusahaan melihat peluang besar di sektor pertambangan yang tersebar di wilayah seperti Sulawesi dan Kalimantan. 眼下, perusahaan-perusahaan tambang tengah menghadapi tantangan operasional akibat tingginya biaya bahan bakar, sehingga digitalisasi dan elektrifikasi menjadi solusi masa depan yang menjanjikan.

“Wilayah tambang di Indonesia Timur seperti Sulawesi dan Kalimantan adalah pasar yang sangat potensial. Di sana banyak perusahaan tambang, khususnya nikel dan batubara, yang sedang aktif mencari solusi efisiensi biaya logistik,” ujar Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa (MAB), Kelik Irwantono.

PT Mata Cahaya Timur akan menjadi ujung tombak distribusi produk-produk MAB di wilayah timur. Mereka tak hanya menyediakan unit kendaraan, tapi juga layanan purna jual dan penempatan suku cadang (sparepart) secara lokal.

Langkah ini diambil karena pesatnya pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur yang kini menjadi pusat aktivitas tambang baru. Perusahaan melihat potensi besar dalam transformasi transportasi di sektor ini, seiring meningkatnya kesadaran terhadap prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

Meski tren kendaraan listrik untuk konsumen (passenger vehicle) terus meningkat—dengan penetrasi mendekati 10%—MAB masih memilih fokus di segmen komersial. Perusahaan telah mengembangkan kendaraan listrik untuk berbagai kebutuhan seperti truk, bus, hingga double cabin untuk area tambang.

“Kami belum masuk ke pasar mobil pribadi. Fokus kami tetap di kendaraan komersial. Saat ini kami tengah mengembangkan pick-up roda tiga, dan double cabin untuk keperluan tambang,” jelas Jaka.

Target Distribusi 300 Unit dan Penguatan Infrastruktur

Sebagai tahap awal, perusahaan menargetkan distribusi 300 unit kendaraan listrik. Untuk mendukung target tersebut, MAB membangun fasilitas fabrikasi di Demak dengan kapasitas produksi hingga 150 unit per bulan dalam dua shift kerja.

“Potensinya bisa ribuan unit. 因此, kami mempersiapkan infrastruktur produksi dengan matang,” ungkap Kelik.

Tak hanya produksi, infrastruktur pendukung juga tengah disiapkan. MAB bekerja sama dengan mitra dari Thailand untuk memastikan kestabilan pasokan listrik di area operasional, karena kestabilan listrik sangat mempengaruhi performa pengisian baterai.

Salah satu keunggulan kendaraan listrik MAB adalah penggunaan baterai berkualitas tinggi dari produsen terkemuka, ATL. Ini menjadi nilai tambah dalam daya saing, selain dukungan layanan purna jual yang kuat.

Khusus untuk sektor pertambangan, MAB menyediakan kendaraan tipe 6×4 dan 8×4 yang mampu mengangkut beban berat. Kendaraan 6×4 dapat membawa hingga 35 ton, sedangkan tipe 8×4 mampu menampung hingga 55 ton muatan. Truk-truk heavy duty ini sangat sesuai untuk jalan tambang yang menantang, terutama di area nikel.

“Truk 6×4 sangat banyak digunakan oleh perusahaan tambang nikel karena daya angkut dan ketangguhannya di medan berat,” jelas Kelik.

MAB juga menaruh perhatian besar terhadap ekosistem kendaraan listrik. Selain infrastruktur pengisian daya, perusahaan telah menyiapkan strategi dukungan purna jual yang mencakup distribusi suku cadang serta layanan servis berkala di wilayah operasional.

Dengan pendekatan menyeluruh ini, MABDI optimistis dapat memperluas penetrasi kendaraan listrik di sektor industri dan tambang. Hal ini sekaligus mendukung transformasi energi nasional menuju transportasi yang lebih bersih dan efisien.

Dengan infrastruktur layanan yang menyeluruh dan andal, MABDI yakin mampu mempercepat adopsi kendaraan listrik secara berkelanjutan. 不仅如此, kemitraan ini juga mendukung misi nasional dalam menurunkan emisi karbon dan membangun ekosistem mobilitas ramah lingkungan.

Kerja sama ini berlangsung selama dua tahun, mencakup penjualan, 服务, dan distribusi suku cadang. Produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat antara lain Electric Heavy Truck 6×4 dan 8×4, Electric Double Cabin, serta motor listrik ELECTRO.

Semua produk ini didukung langsung oleh dua merek utama: PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan PT Motor Anak Bangsa (MOAB). Dukungan penuh dari kedua perusahaan ini diyakini akan menjamin kualitas dan keberlangsungan layanan di wilayah timur Indonesia.

Siapa PT Mata Cahaya Timur?

天堂, mari kita kenali lebih dekat mitra baru MABDI ini. PT Mata Cahaya Timur (juga dikenal sebagai PT Cahaya Timur Ototama) adalah perusahaan otomotif berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan. Perusahaan ini punya pengalaman lebih dari dua dekade di industri otomotif, khususnya dalam bidang karoseri, body repair, dan pengembangan kendaraan niaga maupun penumpang.

Awalnya berdiri sebagai CV Cahaya Timur pada 2004, perusahaan ini resmi berbadan hukum sebagai PT pada 2020. Dengan visi menjadi pusat layanan otomotif dan karoseri terkemuka di Indonesia Timur, mereka telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga BUMN dan swasta nasional.

Tentang MAB dan Kiprahnya di Industri EV

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) berdiri pada 2017, namun kiprahnya sudah dimulai sejak 2016. Fokus awal perusahaan adalah pengembangan bus listrik 12 meter yang kemudian lolos uji tipe dari Kementerian Perhubungan pada 2019. Tak lama setelah itu, unit pertama diserahkan ke PT Paiton Energy sebagai klien perdana.

Tak berhenti di sana, 在 2021 MAB merilis varian bus listrik ukuran sedang. 它, bus listrik buatan MAB telah digunakan oleh berbagai instansi dan perusahaan besar seperti PT RAPP, PT Vale Indonesia, PT Pupuk Kaltim, dan beberapa pemerintah daerah seperti Semarang, Makassar, hingga Yogyakarta.

年 2024 menjadi titik penting ekspansi. MAB meluncurkan beragam varian truk listrik, mulai dari mobile office truck, truk sampah, truk penyapu jalan, hingga dump truck dengan sistem wood chipper. 甚至, truk dengan crane hidrolik juga masuk dalam portofolio mereka. Produk-produk ini sudah digunakan oleh Pemerintah DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Masih di bawah naungan MAB Group, PT Motor Anak Bangsa (MOAB) ikut ambil bagian dalam pengembangan kendaraan listrik nasional. 年 2024, MOAB meluncurkan lini motor listrik ELECTRO dengan dua varian unggulan: E-Rover dan E-City. Kehadiran ELECTRO memberi alternatif kendaraan ramah lingkungan yang lebih terjangkau dan praktis bagi masyarakat urban.

Dengan ELECTRO, MAB Group tak hanya bermain di segmen komersial besar seperti bus dan truk, tapi juga masuk ke pasar kendaraan roda dua yang lebih luas dan kompetitif.

Rencana Besar di 2025

年 2025, MAB tak berencana melambat. Sebaliknya, mereka justru siap merambah segmen truk listrik ringan dan truk listrik berbadan lebar. Langkah ini dinilai strategis untuk menjangkau pasar menengah dan memperluas jangkauan distribusi di seluruh Indonesia, termasuk kawasan pelosok yang selama ini sulit dijangkau kendaraan konvensional.

天堂, perluasan portofolio ini membuktikan MAB ingin menjadi pemain utama kendaraan listrik nasional, tidak hanya dari sisi volume tapi juga keberlanjutan dan inovasi.

Sebagai distributor tunggal merek MAB dan ELECTRO, MABDI memainkan peran vital dalam memperluas jaringan dealer dan layanan purna jual di Indonesia. Mereka mengelola jaringan dealer milik sendiri maupun mitra seperti PT Mata Cahaya Timur, memastikan setiap produk MAB dan ELECTRO hadir dengan standar layanan terbaik.

dealer kendaraan listrik ELECTRO energi bersih kendaraan hijau kendaraan listrik Indonesia MAB MABDI mobil listrik motor listrik Sulawesi
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章布加迪·陀飞轮(Bugatti Tourbillon)揭示了混合超级跑车技术的新时代
下一篇文章 带来未来派的外观, Chery C5 & E5在印度尼西亚正式铺设
赫宁

有关的 帖子

daihatsu是生产的 9 印度尼西亚百万单位, 对行业有什么影响?

27 八月 2025 3:50 下午

铃木Swift Sport最终版正式在马来西亚推出, 那印尼呢?

27 八月 2025 2:42 下午

Vifast通过电池订阅计划改变了印度尼西亚的电动汽车竞争策略

27 八月 2025 1:25 下午
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/10611-mab-perluas-dealer-ev-ke-kawasan-timur-indonesia/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/10611-mab-perluas-dealer-ev-ke-kawasan-timur-indonesia/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/10611-mab-perluas-dealer-ev-ke-kawasan-timur-indonesia/
  • 日本語 日本語/ja/10611-mab-perluas-dealer-ev-ke-kawasan-timur-indonesia/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新

daihatsu是生产的 9 印度尼西亚百万单位, 对行业有什么影响?

27 八月 2025 3:50 下午

铃木Swift Sport最终版正式在马来西亚推出, 那印尼呢?

27 八月 2025 2:42 下午

Vifast通过电池订阅计划改变了印度尼西亚的电动汽车竞争策略

27 八月 2025 1:25 下午

丰田确保Veloz混合诱发 2026, 在印度尼西亚生产

26 八月 2025 2:19 下午

梅赛德斯 - 奔驰塔里克 3.749 由于转向螺栓问题而导致的车辆单元

26 八月 2025 12:09 下午
RSS Gadgetdiva
  • Axioo x Somethinc: Kolaborasi Laptop & Skincare Gen Z untuk Produktivitas dan Percaya Diri
  • 印度尼西亚峰会 2025: 介绍印度尼西亚未来的六个支柱
  • Redmi 15C官方发布: 惠普 1,5 数百万,有6000mAh电池, 时尚设计, 和艰难的表现
  • 联想推出了Thinkcentre Neo 30S Gen 5 & Neo 50q Gen 4: 桌面简洁,可靠地表现现代业务
  • Amartha Financial官方启动: 数字金融服务达到 50.000 印度尼西亚的村庄
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
广告帮助Otidiva继续呈现高质量的内容. 通过停用Adblocker来支持我们.