天堂, pernahkah kamu merasa bingung saat ditawari produk asuransi? Atau ragu saat memilih perlindungan untuk kendaraan kesayanganmu? Bingung proses klaim asuransinya nanti gimana? Jika iya, kamu tidak sendiri. Tingkat literasi asuransi di Indonesia memang masih rendah, terutama di kalangan perempuan.
Melihat hal ini, Garda Oto—produk asuransi mobil dari Asuransi Astra—menggelar media workshop bertajukALWAYS Garda Oto (Aspiring Insurance Knowledge and Literacy with Garda Oto). Acara yang berlangsung di Sky Lounge Hotel Santika ICE BSD, Tangerang, 在 29 七月 2025 ini mengajak rekan media, khususnya jurnalis perempuan, untuk lebih memahami pentingnya asuransi, terutama dalam hal perlindungan kendaraan.
Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia dalam bidang asuransi baru mencapai 45,45%. Sedangkan tingkat inklusi atau kepemilikan produk asuransi hanya sebesar 28,5%.

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, angka ini masih jauh tertinggal. Penetrasi asuransi umum di Indonesia bahkan belum mencapai 3%, menandakan perlunya upaya masif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya berasuransi.
Melalui workshop ini, Garda Oto ingin menjadi pionir dalam mendorong literasi asuransi di kalangan perempuan, terutama yang aktif dan dinamis seperti kamu, 天堂. Acara ini dibuka dengan sesiInsurance Knowledge yang dibawakan oleh Vivi Evertina, Manager Retail Product Management Asuransi Astra.
Dalam paparannya, Vivi menjelaskan tentang manfaat asuransi kendaraan, jenis-jenis perlindungan, serta perbedaan antara yang dijamin dan tidak dijamin dalam polis. Informasi ini penting untuk membantu konsumen memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan.
不仅如此, Vivi juga menekankan pentingnya memahami isi polis secara menyeluruh agar tidak terjadi kesalahpahaman saat mengajukan klaim. Ia juga memperkenalkan berbagai layanan unggulan dari Garda Oto yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah.
Studi Kasus Nyata Kupas Polis Asuransi
Workshop ini semakin menarik dengan sesiStudi Kasus yang dipandu oleh Astrid Aggy Hutapea, Manager Survey & Garda Siaga Asuransi Astra. Lewat studi-studi kasus nyata, para peserta diajak mengupas tuntas isi polis asuransi kendaraan—dari hak dan kewajiban pemegang polis hingga cara pengelolaan klaim yang transparan.

Astrid juga menjelaskan standar-standar akuntabilitas berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Bendahara Instansi (PSAKBI) yang menjadi dasar bagi transparansi dalam asuransi. Semua ini bertujuan agar para peserta, khususnya para jurnalis perempuan, bisa menyampaikan informasi akurat kepada publik secara lebih luas.
Wellness Booth: Perhatian untuk Jurnalis
Di tengah padatnya aktivitas peliputan, kesehatan para jurnalis pun tak luput dari perhatian. Garda Oto menghadirkanWellness Booth Activation sebagai ruang pemulihan dan perawatan diri bagi peserta workshop.
Di area ini, peserta bisa mendapatkan layananMini Medical Check Up dan konsultasi medis langsung dari tim RS Hermina Serpong. Ada juga pijat relaksasi dari Hotel Santika ICE BSD serta sajian jamu tradisional yang menyehatkan tubuh.

Langkah ini menunjukkan bahwa edukasi pun bisa berjalan seiring dengan perhatian terhadap kesejahteraan peserta—terutama para jurnalis yang kerap berada di garis depan pemberitaan.
Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, mengungkapkan bahwa asuransi adalah bentuk kesiapsiagaan menghadapi hal-hal tak terduga.
“Asuransi bisa diibaratkan sepertiexpect the unexpected. Tidak semua kejutan dalam hidup itu menyenangkan. Di sinilah asuransi berfungsi, yaitu memitigasi risiko-risiko merugikan agar kita tetap bisa mengendalikan situasi,“他说.
Ia menambahkan, media punya peran strategis sebagai jembatan informasi yang dapat membantu masyarakat memahami manfaat asuransi dengan bahasa yang ringan dan akurat. Harapannya, masyarakat tak lagi ragu dalam memilih perlindungan untuk aset-aset berharganya, terutama kendaraan.
Literasi dan Komitmen Tiga Dekade
Tahun ini, Garda Oto juga tengah merayakan tiga dekade perjalanannya sebagai penyedia perlindungan kendaraan terpercaya di Indonesia. Dalam rangka itu, Garda Oto mengajak para jurnalis untuk berpartisipasi dalam lomba jurnalistik bertajukApresiasi Pewarta Asuransi Astra 2025.

Dengan temaPerjalanan Tiga Dekade Garda Oto: Dari Komitmen dan Inovasi Menjadi Kepercayaan Bangsa yang Penuh Arti, lomba ini berlangsung dari Juni hingga September 2025. Kompetisi ini menjadi bentuk penghargaan sekaligus ajakan untuk terus menyebarkan literasi asuransi ke seluruh pelosok negeri.
Banyak orang masih menganggap asuransi sebagai beban tambahan dalam pengeluaran. Padahal, jika dipahami secara menyeluruh, asuransi justru memberikan perlindungan finansial saat risiko datang.
Misalnya, dalam kasus kecelakaan kendaraan, biaya perbaikan bisa sangat mahal. Tanpa perlindungan asuransi, seluruh biaya harus ditanggung sendiri. Namun dengan polis asuransi yang tepat, kamu bisa lebih tenang dan terhindar dari risiko pengeluaran besar secara mendadak.
Inilah mengapa literasi asuransi sangat penting—agar masyarakat bisa memahami bahwa asuransi adalah bentuk investasi untuk keamanan finansial, bukan sekadar formalitas atau keharusan saat membeli kendaraan.
Perempuan Dinamis, Waktunya Ambil Kendali!
天堂, di tengah kesibukanmu mengatur pekerjaan, rumah tangga, atau aktivitas sosial, memahami asuransi kendaraan adalah bentuk kepedulian terhadap keamanan diri dan keluarga.
Lewat workshop Garda Oto ini, perempuan tak hanya diajak memahami teori, tapi juga praktik dan studi kasus nyata. Pengetahuan ini bisa jadi bekal penting untuk mengambil keputusan cerdas—baik saat membeli mobil, memilih asuransi, maupun saat menghadapi risiko di jalan.
Iwan berharap dengan meningkatnya literasi asuransi di kalangan perempuan, diharapkan makin banyak yang berani mengambil peran sebagai pengelola keuangan keluarga yang cerdas, berani, dan siap menghadapi risiko.