关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
星期五, 1 August 2025 5:50 下午
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    Suzuki e-Vitara Tampil Perdana di GIIAS 2025, Siap Jual Tahun Depan?

    August 1, 2025

    5 Rekomendasi Mobil Hybrid di GIIAS 2025, Solusi Ramah Lingkungan yang Makin Menggoda

    七月 31, 2025

    Ferrari Diam-Diam Amati Xiaomi SU7, Siap Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya 2026?

    七月 31, 2025

    OLXmobbi Tawarkan Cashback dan Kampanye Menarik di GIIAS 2025

    七月 30, 2025

    Perempuan Dinamis Wajib Melek Asuransi dan Otomotif

    七月 30, 2025
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»车轮 4»Kenapa Mobil F1 Bisa Sangat Kencang Meski Hanya 1600cc? Begini Penjelasannya
车轮 4

Kenapa Mobil F1 Bisa Sangat Kencang Meski Hanya 1600cc? Begini Penjelasannya

克里斯托弗·路易(Christopher Louis)经过 克里斯托弗·路易(Christopher Louis)七月 31, 2025暂无评论4 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
F1
Lando Norris (GBR, McLaren) (Dok/Steffen Prößdorf)
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

雅加达, Otodiva – Mobil F1 mungkin terlihat kecil jika hanya dilihat dari kapasitas mesinnya yang sekitar 1.600cc atau setara 1,6 升. Tapi jangan tertipu. Dalam dunia otomotif, performa tidak selalu ditentukan oleh besar-kecilnya angka tersebut. Faktanya, mobil F1 bisa melaju lebih dari 350 km/jam dan menyaingi kecepatan jet tempur saat start awal. 所以, apa rahasianya?

Performa luar biasa dari mobil Formula 1 bukan sekadar soal tenaga kuda (horsepower), tapi kombinasi dari rekayasa teknik tingkat tinggi, efisiensi energi, hingga aerodinamika ekstrem. Dalam dekade terakhir, tim-tim F1 juga telah menyempurnakan penggunaan teknologi hybrid yang jauh lebih canggih dibandingkan mobil jalanan biasa. Mesin 1.6 liter tersebut bukanlah mesin konvensional, tapi bagian dari power unit hybrid turbocharged yang sangat kompleks.

Di balik semua itu, terdapat tujuan besar: menciptakan kendaraan tercepat di lintasan balap dengan efisiensi maksimal, sambil tetap mematuhi regulasi FIA yang semakin ketat terkait lingkungan dan batas penggunaan bahan bakar. Maka tak heran jika walau secara kapasitas terlihat kecil, mobil F1 menjadi simbol puncak dari rekayasa otomotif modern.

也阅读: Ferrari Diam-Diam Amati Xiaomi SU7, Siap Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya 2026?

目录

切换
  • Gabungan Mesin Turbo dan Sistem Hybrid Canggih
  • Aerodinamika dan Bobot Ultra-Ringan Jadi Kunci

Gabungan Mesin Turbo dan Sistem Hybrid Canggih

Era hybrid pertama dalam dunia Formula 1

Sejak era 2014, F1 resmi beralih dari mesin V8 konvensional ke mesin 1.6 liter V6 turbo hybrid. Di atas kertas, kapasitasnya terdengar biasa—bahkan kecil dibandingkan banyak mobil sport. 然而, teknologi di dalamnya sangat berbeda. Mesin ini dikombinasikan dengan dua sistem pemulihan energi: MGU-K (Kinetic) dan MGU-H (Heat), yang menyimpan dan mendistribusikan energi dari pengereman dan panas knalpot ke baterai. Energi ini kemudian digunakan untuk memberi dorongan tambahan saat dibutuhkan, mirip dengan sistem KERS yang pernah digunakan sebelumnya, tapi jauh lebih canggih.

Desain mobil F1 dari tahun ke tahun (sumber: F1 Mavericks)

Keunggulan sistem ini adalah kemampuannya menghasilkan output tenaga hingga 1.000 horsepower—angka yang jauh melebihi mobil sport biasa dengan kapasitas mesin dua kali lipat. Dan semua itu dihasilkan tanpa harus membakar lebih banyak bahan bakar. 甚至, dengan batas penggunaan bahan bakar sekitar 100 kg per balapan, mobil F1 tetap bisa melesat lebih dari 300 公里/小时.

然而, teknologi ini tidak murah. Biaya riset dan pengembangan power unit hybrid F1 mencapai ratusan juta dolar per tahun, sehingga tidak semua tim bisa bersaing secara merata. Ini juga menjadi salah satu kritik terhadap regulasi mesin saat ini yang dinilai terlalu kompleks dan mahal untuk tim kecil.

Aerodinamika dan Bobot Ultra-Ringan Jadi Kunci

Selain dari sisi mesin, aerodinamika dan bobot kendaraan juga memainkan peran vital. Mobil F1 dirancang sedemikian rupa agar dapat “menempel” ke lintasan (downforce) sambil tetap meminimalisir hambatan angin (drag). Ini memungkinkan mobil melaju sangat cepat di tikungan tanpa kehilangan traksi. Setiap lekukan pada bodi mobil, dari sayap depan hingga diffuser belakang, dihitung secara presisi lewat simulasi komputer dan pengujian terowongan angin.

Bobot juga sangat diperhatikan. Secara total, mobil F1 harus memiliki berat minimum sekitar 798 kg (termasuk pembalap dan bahan bakar). Dengan rasio tenaga terhadap berat seperti ini, mobil F1 jauh lebih efisien dan cepat dibanding mobil supercar produksi massal. Akselerasi dari 0 这 100 km/jam hanya butuh sekitar 2,5 第二, bahkan bisa lebih cepat tergantung kondisi lintasan.

Melihat lebih detail dari mobil F1 pada 2025

然而, aerodinamika ekstrem ini juga membuat mobil F1 tidak cocok di jalan umum. Ground clearance yang sangat rendah, suspensi super kaku, dan kebutuhan akan suhu optimal di ban dan rem membuat mobil ini hanya maksimal di sirkuit.

Kecepatan mobil Formula 1 bukan datang dari kapasitas mesin besar, tapi dari teknologi efisiensi tinggi yang memadukan turbocharger, hybrid system, aerodinamika mutakhir, dan manajemen energi tingkat tinggi. Mesin 1.6 liter di F1 mungkin kecil secara volume, tapi menyimpan potensi luar biasa berkat teknologi yang terus dikembangkan selama bertahun-tahun.

即便如此, tidak semua pihak setuju. Beberapa fans dan mantan pembalap menganggap era mesin hybrid terlalu rumit dan tidak memberikan suara yang “menggugah” seperti era V10 atau V12. Di sisi lain, FIA dan pabrikan melihat ini sebagai arah masa depan: kecepatan tinggi dengan emisi rendah dan efisiensi bahan bakar maksimal.

Dengan regulasi 2026 yang akan kembali mengubah format power unit menghilangkan MGU-H dan meningkatkan porsi tenaga listrik, dan mobil F1 tampaknya akan semakin cepat dan efisien. Tapi yang jelas, mobil F1 bukan sekadar kendaraan balap biasa, Ini layaknya laboratorium berjalan, tempat teknologi otomotif paling mutakhir diuji sebelum akhirnya mungkin diturunkan ke mobil yang kita kendarai sehari-hari.

Formula 1 标题 mobil F1 Mobil Motorsports Motorsports 汽车 车轮 4
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章5 Rekomendasi Mobil Hybrid di GIIAS 2025, Solusi Ramah Lingkungan yang Makin Menggoda
下一篇文章 Suzuki e-Vitara Tampil Perdana di GIIAS 2025, Siap Jual Tahun Depan?
克里斯托弗·路易(Christopher Louis)
  • Instagram

otodiva.id的作者 & gizmologi.id | 汽油头 | 赛车怪胎

有关的 帖子

Suzuki e-Vitara Tampil Perdana di GIIAS 2025, Siap Jual Tahun Depan?

August 1, 2025

5 Rekomendasi Mobil Hybrid di GIIAS 2025, Solusi Ramah Lingkungan yang Makin Menggoda

七月 31, 2025

Ferrari Diam-Diam Amati Xiaomi SU7, Siap Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya 2026?

七月 31, 2025
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/11260-kenapa-mobil-f1-bisa-kencang/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/11260-kenapa-mobil-f1-bisa-kencang/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/11260-kenapa-mobil-f1-bisa-kencang/
  • 日本語 日本語/ja/11260-kenapa-mobil-f1-bisa-kencang/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新
  • Suzuki e-Vitara Tampil Perdana di GIIAS 2025, Siap Jual Tahun Depan? August 1, 2025
  • Kenapa Mobil F1 Bisa Sangat Kencang Meski Hanya 1600cc? Begini Penjelasannya 七月 31, 2025
  • 5 Rekomendasi Mobil Hybrid di GIIAS 2025, Solusi Ramah Lingkungan yang Makin Menggoda 七月 31, 2025
  • Ferrari Diam-Diam Amati Xiaomi SU7, Siap Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya 2026? 七月 31, 2025
  • OLXmobbi Tawarkan Cashback dan Kampanye Menarik di GIIAS 2025 七月 30, 2025
  • Perempuan Dinamis Wajib Melek Asuransi dan Otomotif 七月 30, 2025
  • 5 Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp300 Juta yang Layak Jadi Mobil Pertama 七月 30, 2025
  • Bos Toyota Pertimbangkan Jual Mobil Buatan AS ke Pasar Jepang 七月 30, 2025
  • Denza D9 Bekas Bermunculan, Harga Kurang dari Rp900 Juta untuk MPV Premium 七月 30, 2025
  • Komunitas Mobil Tiongkok Mulai Bermunculan, 销售能力快速增加的证明? 七月 30, 2025
RSS Gadgetdiva
  • Liburan Tetap Asyik & Terhubung Berkat Indosat dan Galaxy S25 Edge
  • OpenAI Buka Pusat Data AI di Norwegia, Pertama di Eropa
  • Gandeng 5 Kementerian, Komdigi Implementasi PP Tunas
  • Skechers Bikin Sepatu Anak dengan Kompartemen untuk AirTag
  • OPPO Jadi Partner Smartphone BRI Super League 2 Musim
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
通过向访问者展示在线广告,我们的网站成为可能. 请通过禁用您的广告阻滞剂来支持我们.