关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
周三, 15 十月 2025 6:08 是
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    全球 ADAS 渗透率达到 94% 在 2035, 中国是主要驱动力

    6 十月 2025 2:36 下午

    GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

    29 九月 2025 1:09 下午

    Daihatsu保持第二位, 第一辆车部分的主导地位

    25 九月 2025 4:00 下午

    五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

    25 九月 2025 10:23 是

    丰田加强印度尼西亚的EV生态系统和业务

    24 九月 2025 11:03 下午
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»车轮 4»维护电动汽车: 保持耐用和高效的重要提示
车轮 4

维护电动汽车: 保持耐用和高效的重要提示

克里斯托弗·路易(Christopher Louis)经过 克里斯托弗·路易(Christopher Louis)25 八月 2025 6:14 下午暂无评论3 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
mobil listrik
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

雅加达, Otodiva – Beberapa tahun terakhir, mobil listrik mulai menarik perhatian konsumen Indonesia. Peningkatan jumlah merek yang masuk, insentif pemerintah, hingga biaya operasional yang relatif lebih rendah dibanding mobil konvensional membuat kendaraan tanpa emisi ini kian dilirik. 然而, seiring dengan minat yang bertambah, muncul juga pertanyaan baru: bagaimana cara merawat mobil listrik agar tetap awet dan efisien?

Berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel, mobil listrik memiliki sistem kerja yang unik. Komponen utamanya ada pada baterai, motor listrik, dan sistem pengendali daya. Sementara perawatan mesin konvensional sering melibatkan oli, busi, atau filter, mobil listrik justru lebih sederhana. 即便如此, bukan berarti mobil listrik bebas perawatan. Salah langkah bisa berdampak pada performa dan biaya jangka panjang.

Sebagian pengguna masih ragu, karena merasa teknologi mobil listrik terlalu baru atau bahkan rumit. Padahal, sejumlah pabrikan telah merancang kendaraan listrik dengan sistem pemeliharaan yang minim, dan banyak tips sederhana bisa dilakukan pemilik untuk menjaga keandalan. Dengan pemahaman dasar, merawat mobil listrik bisa lebih mudah daripada mobil berbahan bakar fosil.

也阅读: Toyota Uji Sistem Penyimpanan Energi dari Baterai Bekas di Pabrik Mazda Hiroshima

目录

切换
  • Fokus pada Baterai dan Sistem Pengisian
  • Perawatan Rutin dan Kebiasaan Berkendara
  • Antara Harapan dan Tantangan

Fokus pada Baterai dan Sistem Pengisian

Baterai merupakan jantung utama mobil listrik. Kondisi baterai yang sehat akan sangat menentukan jarak tempuh dan umur kendaraan. Para ahli menyarankan untuk menghindari pengisian hingga 100% setiap hari, kecuali benar-benar diperlukan untuk perjalanan jauh. Idealnya, pengisian dilakukan di kisaran 20% 直到 80% untuk memperpanjang siklus hidup baterai.

除此之外, penting untuk menggunakan infrastruktur pengisian resmi atau perangkat charger yang sesuai standar. Penggunaan charger abal-abal bisa memengaruhi kestabilan daya dan bahkan merusak sel baterai. Tidak kalah penting, suhu lingkungan juga berpengaruh. Parkir kendaraan di area teduh atau menggunakan fitur pendingin/pemanas baterai bawaan bisa membantu menjaga temperatur optimal.

Beberapa pengguna mobil listrik di Indonesia mengeluhkan penurunan kapasitas baterai setelah penggunaan lebih dari tiga tahun. Meski hal ini wajar, langkah-langkah preventif tadi terbukti bisa memperlambat degradasi. Produsen juga umumnya memberi garansi baterai hingga delapan tahun, memberi rasa aman tambahan bagi konsumen.

Perawatan Rutin dan Kebiasaan Berkendara

Meski tidak membutuhkan servis sesering mobil konvensional, mobil listrik tetap memerlukan pengecekan berkala. Komponen seperti rem, suspensi, dan ban tetap mengalami keausan sesuai penggunaan. Justru, karena sistem pengereman regeneratif bekerja lebih sering, kampas rem biasanya lebih awet. 然而, ban bisa lebih cepat habis karena bobot kendaraan listrik umumnya lebih berat.

Sistem pendingin untuk motor listrik dan inverter juga perlu diperhatikan. Walau jarang bermasalah, cairan pendingin harus diperiksa secara berkala agar tidak terjadi overheating. Begitu juga dengan software kendaraan—update dari pabrikan biasanya membawa peningkatan efisiensi sekaligus menutup celah keamanan. Mengabaikan update bisa membuat mobil kehilangan performa optimal.

Kebiasaan berkendara juga punya peran besar. Akselerasi ekstrem atau sering menguras baterai hingga nol persen bisa mempercepat kerusakan. Sebaliknya, gaya mengemudi yang halus, menjaga tekanan ban sesuai standar, dan rutin melakukan pengecekan sederhana akan menjaga efisiensi daya sekaligus memperpanjang umur komponen.

Antara Harapan dan Tantangan

Di tengah transisi menuju kendaraan ramah lingkungan, perawatan mobil listrik sebenarnya relatif mudah dibanding mobil berbahan bakar bensin. Tidak ada lagi penggantian oli mesin rutin, tidak ada knalpot, dan risiko kerusakan mesin berkurang drastis. 然而, biaya penggantian baterai yang masih tinggi membuat sebagian konsumen tetap waspada.

Bagi industri, edukasi soal perawatan mobil listrik menjadi penting agar konsumen lebih percaya diri beralih. Pemerintah juga memiliki peran besar dalam menambah infrastruktur charging sekaligus menetapkan standar perawatan resmi. Tanpa dukungan ini, adopsi mobil listrik bisa terhambat meski teknologinya semakin menarik.

Pada akhirnya, merawat mobil listrik kembali pada kesadaran pemilik. Dengan perawatan sederhana, memahami karakter baterai, dan menjaga kebiasaan berkendara, kendaraan listrik bisa tetap awet serta efisien. Bukan hanya menghemat biaya operasional, tetapi juga memberi kontribusi nyata dalam mengurangi emisi di jalanan Indonesia.

标题 Merawat mobil listrik 美孚 电动汽车 消息 汽车 车轮 4 尖端 Tips dan Trik
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章Ferrari Daytona SP3 “599+1” Terjual Rp425 Miliar, Pecahkan Rekor Lelang
下一篇文章 梅赛德斯 - 奔驰塔里克 3.749 由于转向螺栓问题而导致的车辆单元
克里斯托弗·路易(Christopher Louis)
  • Instagram

otodiva.id的作者 & gizmologi.id | 汽油头 | 赛车怪胎

有关的 帖子

全球 ADAS 渗透率达到 94% 在 2035, 中国是主要驱动力

6 十月 2025 2:36 下午

GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

29 九月 2025 1:09 下午

五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

25 九月 2025 10:23 是
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/11509-merawat-mobil-listrik/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/11509-merawat-mobil-listrik/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/11509-merawat-mobil-listrik/
  • 日本語 日本語/ja/11509-merawat-mobil-listrik/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新

全球 ADAS 渗透率达到 94% 在 2035, 中国是主要驱动力

6 十月 2025 2:36 下午

GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

29 九月 2025 1:09 下午

Daihatsu保持第二位, 第一辆车部分的主导地位

25 九月 2025 4:00 下午

五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

25 九月 2025 10:23 是

丰田加强印度尼西亚的EV生态系统和业务

24 九月 2025 11:03 下午
RSS Gadgetdiva
  • SMK Nusantara Jakarta dan SMAN 2 Mojokerto Sabet Gelar Juara di AXIS Nation Cup 2025
  • Aurora Tech Award 2026 Dorong Perempuan Indonesia Jadi Inovator Fintech Global
  • Cuma Sejutaan! 这 5 Hal Wajib Kamu Cek Sebelum Beli HP Biar Nggak Salah Pilih
  • realme Gandeng RICOH Imaging untuk Hadirkan Kamera ala GR di realme GT 8 Pro
  • Apple TV Plus Berubah Nama Menjadi Apple TV
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
广告帮助Otidiva继续呈现高质量的内容. 通过停用Adblocker来支持我们.