关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
周四, 2 十月 2025 6:02 下午
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

    29 九月 2025 1:09 下午

    Daihatsu保持第二位, 第一辆车部分的主导地位

    25 九月 2025 4:00 下午

    五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

    25 九月 2025 10:23 是

    丰田加强印度尼西亚的EV生态系统和业务

    24 九月 2025 11:03 下午

    Astra Group Bidik在汽车行业的压力下新增长

    23 九月 2025 3:44 下午
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»消息»Kelebihan Rem Cakram pada Mobil
消息

Kelebihan Rem Cakram pada Mobil

朱迪经过 朱迪24 可能 2022 5:06 下午暂无评论3 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

Rem cakram atau disc brake adalah salah satu sistem pengereman mobil yang konsep kerjanya memanfaatkan komponen tambahan berupadisc rotor atau piringan yang akan dijepitkan oleh dua buah Kanvas rem, agar bisa memperlambat putaran ban.

Rem cakram mobil memiliki radiasi panas yang lebih baik dan saat cakram terkena dengan air, maka proses keringnya terbilang cepat. Desain rem cakram juga sangatlah bagus. Setidaknya ada beberapa kelebihan dari rem cakram yang perlu diketahui.

目录

切换
    • Pendinginan Sistem Rem Lebih Baik
  • Tidak Menimbulkan Bunyi Ketika Pengereman
    • Perawatan Mudah
    • Gaya Pengereman Konstan Meski Terkena Air
    • Meratanya Tekanan Pengereman di Semua Brake Pads

Pendinginan Sistem Rem Lebih Baik

Gesekan yang terjadi pada sebuah rem memang bisa menyebabkan panas dan hal ini akan membuat sistem pengereman pada mobil menjadi terganggu. Namun rem cakram memiliki konstruksi yang terbuka dan hal ini akan membuat panas yang dihasilkan dilepaskan secara langsung ke udara yang langsung mengalir di sekitar rem.

Pada dasarnya, suhu pada rem cakram lebih stabil, karena pada saat mobil sedang melaju dan bergerak, maka proses pendinginan rem akan bekerja.

Tidak Menimbulkan Bunyi Ketika Pengereman

Secara umum, bunyi yang terjadi saat proses pengereman biasanya ditimbulkan dari adanya brake pads yang mengeras. Dengan brake pads yang mengeras, maka bisa menimbulkan kualitas brake pads menjadi kurang baik dan hal ini juga bisa timbul akibat adanya faktor panas.

Pada saat brake pads terkena panas yang terlalu berlebihan secara terus menerus, maka kondisi brake pads akan menjadi mengeras dan ketika brake pads mengeras, maka teksturnya akan berubah menyerupai sebuah logam. Pada saat membentuk seperti logam, mobil yang di rem akan menimbulkan bunyi.

Perawatan Mudah

Komponen yang dipakai dalam sistem pengereman rem cakram adalah brake pads dan padarem tromol adalah brake shoes. Pada dasarnya, brake pads biasanya terpasang pada braket rem dengan posisi yang terbuka. sedangkan brake shoes biasanya berada di dalam drum.

Untuk merawat rem cakram lebih mudah dibandingkan dengan perawatan rem tromol. Ketika Anda ingin mengganti brake pads, maka hanya perlu membuka satu buah baut kaliper saja dan dengan membuka satu baut brake pads akan langsung terbuka atau terlepas. Untuk membuka drum brake, tentu anda harus melepaskan drum kemudian baru bisa melepaskan brake shoes dengan menggunakan alat tertentu.

Gaya Pengereman Konstan Meski Terkena Air

Ketika menggunakan mobil melewati genangan air, maka bagian piringan akan langsung terkena air. Meski langsung terkena air, namun gaya pengereman tidak akan berubah dan hal ini disebabkan karena air yang berada di piringan akan langsung terlempar ke bagian luar, karena adanya gaya sentrifugal dari putaran cakram.

Beda halnya dengan sistem kerja dari rem tromol, karena air yang masuk ke bagian tromol akan membuat sistem pengereman atau gaya pengereman menurun. Air yang masuk ke dalam tromol akan lebih sulit untuk keluar dan hal ini akan membuat sistem pengereman terganggu.

Meratanya Tekanan Pengereman di Semua Brake Pads

Pada dasarnya, rem cakram tidak akan mengalami penambahan gaya pengereman dan hal ini akan membuat pengereman menjadi merata, sehingga tidak akan ada salah satu roda yang gaya pengeremannya lebih besar. Kondisi ini membuat roda mobil tidak akan tertarik ke salah satu arah, baik itu kiri atau kanan pada saat proses pengereman.

也阅读 : Tips Cara Mudah Baca Indikator Suhu Panas Mesin Motor

标题 Kelebihan 美孚 消息 汽车 Rem Cakram 车轮 4
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章Komponen & Fungsi Rem Cakram
下一篇文章 Wuling Experience Weekend Mulai Digelar di Jakarta
朱迪

有关的 帖子

GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

29 九月 2025 1:09 下午

Daihatsu保持第二位, 第一辆车部分的主导地位

25 九月 2025 4:00 下午

五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

25 九月 2025 10:23 是
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/3638-kelebihan-dan-kekurangan-rem-cakram-pada-mobil/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/3638-kelebihan-dan-kekurangan-rem-cakram-pada-mobil/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/3638-kelebihan-dan-kekurangan-rem-cakram-pada-mobil/
  • 日本語 日本語/ja/3638-kelebihan-dan-kekurangan-rem-cakram-pada-mobil/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新

GWM介绍ORA 5, 电动SUV挑战者Byd Atto 3

29 九月 2025 1:09 下午

Daihatsu保持第二位, 第一辆车部分的主导地位

25 九月 2025 4:00 下午

五十铃加强商用车市场, 半透明出口 20 国家

25 九月 2025 10:23 是

丰田加强印度尼西亚的EV生态系统和业务

24 九月 2025 11:03 下午

Astra Group Bidik在汽车行业的压力下新增长

23 九月 2025 3:44 下午
RSS Gadgetdiva
  • Kolaborasi IP Lokal dan Game Dorong Indonesia Jadi Pusat Kreatif Global
  • Elon Musk Ajak Boikot Netflix Karena Tayangkan Animasi Transgender
  • Vivo V60 Lite 5G dan V60 Lite Masuk ke Indonesia, Harga Mulai Rp. 3 百万
  • OPPO A6 Pro: Smartphone Anti Lag 5 Tahun dengan Desain Premium, Pre-Order Sekarang Dapat Bonus Rp3,6 Juta!
  • Samsung Galaxy S25 FE Resmi Hadir di Indonesia: Inovasi Flagship dan Galaxy AI Kini untuk Semua Kalangan
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
广告帮助Otidiva继续呈现高质量的内容. 通过停用Adblocker来支持我们.