关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
星期五, 14 十一月 2025 4:36 是
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    大发 Rocky 混合动力车: 性能快但仍然超级经济, 这就是秘密!

    8 十一月 2025 4:45 下午

    起亚 PV5 货运打破世界纪录! 半透明 693,38 满载一充公里

    8 十一月 2025 4:30 下午

    丰田在日本移动展上展示多途径战略 2025

    30 十月 2025 1:06 下午

    吉利星锐EM-i即将在印度尼西亚上市, 提供超高效和智能混合技术

    27 十月 2025 1:33 下午

    OMODA O4 未来派 SUV,采用赛博机甲设计

    22 十月 2025 12:32 下午
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»Opini»5 Bahaya Menyalip dari Sisi Kiri atau Bahu Jalan, 不 4 Indonesia Banget!
Opini

5 Bahaya Menyalip dari Sisi Kiri atau Bahu Jalan, 不 4 Indonesia Banget!

Ronggo经过 Ronggo18 七月 2023 8:35 是暂无评论4 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
Photo by Heru Eko Saputro on Unsplash
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

otodiva.id – Berkendara mobil atau motor di jalanan umum membutuhkan konsentrasi dan fokus agar dapat selamat sampai di tujuan. Ketika kita sudah fokus pun, terkadang situasi jalanan yang dipenuhi pengendara dengan ragam karakternya pun ternyata tidak ramah bagi kita. Salah satunya aktivitas menyalip kendaraan dari sisi kiri atau bahu jalan.

Aturan lalu lintas di Indonesia sendiri memang mengharuskan arah laju kendaraan ada di sisi kiri. Dengan posisi kemudi di sebelah bagian kanan interior mobil, maka sisi kanan jalan diatur sebagai area untuk mendahului kendaraan lain. Namun kenyataannya sering ditemui mobil atau motor yang menyalip dari sisi kiri jalan. Pada situasi tertentu, seperti jalanan macet, hal tersebut boleh saja dilakukan.

即便如此, menyalip atau mendahului kendaraan dari sisi kiri memiliki lebih banyak resiko dibandingkan sisi kanan. Apa saja resikonya? Daripada bertanya-tanya, Otodiva.id akan menyajikan 5 resiko dari menyalip kendaraan lain dengan mobil atau motor dari sisi kiri.

目录

切换
  • 1. Sudut Pandang Terbatas
  • 2. Bahu Jalan Lebih Landai
  • 3. Mengambil Hak Pengendara Lain
  • 4. Bahu Jalan Rusak
  • 5. Melanggar Undang-Undang

1. Sudut Pandang Terbatas

Banyak kecelakaan terjadi di ruas jalan sebelah kiri karena pengemudi kendaraan tidak mampu melihat dengan baik apa yang menantinya di depan jalan. Pada saat proses mendahului dilakukan dari belakang mobil lain yang berjalan, terutama kendaraan besar seperti bus atau truk, maka pandangan kita pastilah terhalangi. Hal ini dapat memicu kecelakaan apabila tetap memaksakan diri menyalip dari sisi kiri.

Pada beberapa situasi jalanan, tidak jarang ditemukan ada truk terparkir di ruas kiri jalan. Akibatnya mobil yang melaju dan coba menyalip malah menghantam bagian belakang truk hingga rusak parah. Bahkan mengakibatkan korban jiwa, jika kendaraan menghantam dalam kecepatan tinggi. So, daripada membahayakan saat menyalip di sisi kiri, lebih baik bersabar saja.

Ilustrasi menyalip
Ilustrasi (照片: Visordown)

2. Bahu Jalan Lebih Landai

Desain jalanan umum biasanya dibuat dengan konsep melandai di kedua sisi bahu jalan. Hal ini dilakukan untuk mengalirkan air menuju tempat pembuangan di sekitar jalanan. Turunnya kontur jalan mungkin tidak terlalu terasa apabila kita melajukan mobil dalam kecepatan sedang atau pelan. Tapi bisa lebih terasa ketika mobil digas dalam kecepatan tinggi.

Memaksakan mobil atau bahkan motor menyalip dari sisi kiri atau bahu jalan dapat beresiko mengurangi daya cengkram ban ke permukaan jalan. Sehingga dapat membuat kendaraan mudah mengalami hilang kendali sehingga kemudian sulit dikendalikan. Akibatnya bisa slip atau bahkan mengalami kecelakaan jika kita tidak waspada.

3. Mengambil Hak Pengendara Lain

Ketika mengemudi di jalan tol, kita dapat menemukan 3 sampai 4 jalur kendaraan untuk digunakan menyalip atau menepi. Tentu kita dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kita saat berkendara. Akan tetapi hal berbeda akan ditemui ketika mengemudi di jalanan perkotaan/komplek yang relatif lebih kecil, bahkan hanya memiliki 2 jalur dengan masing-masing arah berlawanan.

Terkadang di jalur dua arah dapat ditemukan mobil yang memaksakan diri menyalip dari sisi kiri jalan untuk mencari kesempatan mendahului. Tapi yang terjadi malah jalanan jadi stuck dan akhirnya malah menutup peluang kendaraan lain untuk melaju, dalam hal ini motor atau sepeda. Pada akhirnya jalanan malah semakin macet karena tidak ada ruang untuk kendaraan lain bergerak lebih bebas. Daripada makin macet maka tidak ada salah tetap mengikuti antrian arus yang telah ada.

4. Bahu Jalan Rusak

Di Indonesia hampir sulit menemukan jalanan umum yang tidak mengalami kerusakan. Efek dari kualitas bahan yang mungkin tidak terlalu baik, hingga ‘kebiasaan’ menggali proyek di bahu jalan untuk menanam kabel listrik ataupun jaringan internet di beberapa wilayah. Alhasil kita sering menemukan kerusakan itu berkumpul di bahu jalan, mulai dari retak, berlubang, bahkan longsor apabila di sisinya terdapat sungai.

不, daripada kita malah menyusahkan diri sendiri ketika menyalip dari sisi kiri atau bahu jalan, yang ujung-ujungnya malah terpaka ngerem mendadak karena bertemu lubang. Maka coba dulu cari celah menyalip dari sisi kanan/tengah jalan raya, karena kondisi jalanan yang cenderung lebih baik.

Selain kondisi jalanan yang rusak, tidak jarang kita temui bahu jalan juga dipakai untuk berjualan para pedagang. Hal tersebut tentu sangat berbahaya dan mengundang resiko.

5. Melanggar Undang-Undang

Tahukah kamu bahwa menyalip kendaraan lain telah diatur tata caranya dalam Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Barang. Pada paragraph ke-3 pasal 109 ayat 1 disebutkan bahwa, “Pengemudi Kendaraan Bermotor yang akan melewati Kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur Jalan sebelah kanan dari Kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.”

Sementara itu dalam ayat 2 tertulis, “Dalam keadaan tertentu, Pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan lajur Jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.”

Kalau sudah diatur sedemikian rupa, masak sih kita masih melanggar dengan sengaja. Jika boleh pun masih harus dengan perhatian pada keamanan dan keselamatan lalu lintas bersama.

Itu tadi deretan alasan kenapa kita sebaiknya tidak menyalip kendaraan lain dari sisi kiri ya. Baik menggunakan mobil atau motor, keduanya sama-sama memiliki resiko saat berkendara di jalanan umum. Untuk mobil resiko itu dapat semakin besar karena ukuran dan kecepatannya yang relatif lebih kencang dibandingkan motor. Semoga bermanfaat.

Bahaya Menyalip 标题 Menyalip 尖端
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章Kejurnas ISSOM 2023, Tiga Pembalap Honda Racing Indonesia Juara di Tiga Kelas Berbeda
下一篇文章 Aplikasi Hyundai Motor Group Diprediksi Capai 20 Juta Pengguna di 2026
Ronggo

有关的 帖子

起亚 PV5 货运打破世界纪录! 半透明 693,38 满载一充公里

8 十一月 2025 4:30 下午

丰田在日本移动展上展示多途径战略 2025

30 十月 2025 1:06 下午

吉利星锐EM-i即将在印度尼西亚上市, 提供超高效和智能混合技术

27 十月 2025 1:33 下午
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/7591-5-bahaya-menyalip-dari-sisi-kiri-atau-bahu-jalan-no-4-indonesia-banget/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/7591-5-bahaya-menyalip-dari-sisi-kiri-atau-bahu-jalan-no-4-indonesia-banget/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/7591-5-bahaya-menyalip-dari-sisi-kiri-atau-bahu-jalan-no-4-indonesia-banget/
  • 日本語 日本語/ja/7591-5-bahaya-menyalip-dari-sisi-kiri-atau-bahu-jalan-no-4-indonesia-banget/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新

大发 Rocky 混合动力车: 性能快但仍然超级经济, 这就是秘密!

8 十一月 2025 4:45 下午

起亚 PV5 货运打破世界纪录! 半透明 693,38 满载一充公里

8 十一月 2025 4:30 下午

丰田在日本移动展上展示多途径战略 2025

30 十月 2025 1:06 下午

吉利星锐EM-i即将在印度尼西亚上市, 提供超高效和智能混合技术

27 十月 2025 1:33 下午

OMODA O7推出同级最先进的自动泊车技术, 开启新一代智能汽车时代

25 十月 2025 7:52 下午
RSS Gadgetdiva
  • Garda Medika Luncurkan Fitur Express Discharge
  • OPPO Find X9 Series Laris Manis di Indonesia! Pre-Order Ludes, Penjualan Perdana Banjir Bonus Eksklusif hingga Rp4,5 Juta
  • Infinix XBOOK B14 Resmi Dirilis di Indonesia: Laptop Ringan, 艰难的, dan Bertenaga untuk Profesional Muda
  • Woshday Resmi Diluncurkan: Inovasi Skincare-Infused Haircare Lokal untuk Rambut Tropis yang Bebas Lepek
  • Primaya Hospital Karawang Pasang PLTS Atap, Kurangi Emisi Karbon 215 Ton per Tahun dan Dukung Indonesia Menuju Net Zero 2060
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
广告帮助Otidiva继续呈现高质量的内容. 通过停用Adblocker来支持我们.