关闭菜单
Otodiva
  • 家
  • 消息
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
翻译

设置为默认语言
 编辑翻译
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram
  • 我们的家人:
  • Gadgetdiva
  • Traveldiva
  • Gizolagy
周六, 2 八月 2025 7:07 下午
Facebook x (叽叽喳喳) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • 消息

    Pembiayaan Mobil Hybrid Dominasi GIIAS 2025

    八月 2, 2025

    Karoseri Award 2025: Fuso Dorong Standarisasi Nasional

    八月 2, 2025

    Astra Otoparts可持续绿色动作获得了Kehati的奖项。

    八月 2, 2025

    请参阅破折号的AION V修改, 有什么区别?

    八月 1, 2025

    苏木e-Vitara perdana在吉亚斯 2025, 准备明年出售?

    八月 1, 2025
  • 车轮 4
  • 车轮 2
  • 尖端
  • 语言
    • 英语
    • 印度尼西亚
    • 中国人
    • 日本
Otodiva
你在:家»编辑的选择»4 迄今仍困扰着电动汽车的神话
编辑的选择

4 迄今仍困扰着电动汽车的神话

萨里经过 萨里七月 24, 2023暂无评论4 分钟阅读
Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
mitos kendaraan listrik
Wuling Air ev varian Long Range yang memiliki jarak tempuh sampai 300 kilometer sekali pengecasan. (Foto: Sarie)
分享
Facebook 叽叽喳喳 LinkedIn Pinterest 电子邮件

Otodiva — Mitos kendaraan listrik masih menghantui hingga saat ini. Padahal kendaraan listrik telah mulai menjadi tren di jalanan Indonesia. Apalagi fenomena sebuah mobil mungil kompak kerap berseliweran di ibukota. 的, mobil mungil itu adalah Wuling Air ev.

Sudah bukan rahasia lagi jika wanita memang menyukai mobil yang mungil dengan warna-warna kalem. Wuling Air ev sendiri memiliki lima warna yang dipasarkan, mulai dari putih, kuning, pink, biru, dan hijau. Meski banyak yang berminat namun mitos kendaraan listrik masih ada dalam pikiran mereka, terutama soal keselamatan.

Menurut Public Relation Manager PT SGMW Motor Indonesia, Brian Gomgom mengungkap jika riset internal di perusahaannya membuat Wuling akhirnya mengeluarkan mobil listrik berukuran kecil yang muat hanya empat orang.

mitos kendaraan listrik
Public Relation Manager PT SGMW Motor Indonesia, Brian Gomgom.

“Riset yang pernah kami dapatkan, kebanyakan orang yang memiiki mobil Wuling biasanya hanya untuk maksimal empat penumpang di dalamnya. Jarak yang ditempuh saat membawa mobil listrik pun biasanya hanya sekitar 50 公里,” ujar Brian saat Wuling Air ev DriveXperience bersama Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) di bilangan Pondok Indah kemarin.

Menurut Brian Gomgom, mobil listrik sudah bisa diterima dengan baik di masyarakat. Bahkan sejak Agustus tahun lalu sampai Juni 2023, total Wuling Air ev yang terjual mencapai angkan 9700 单元. Ini disebutnya sebagai awal yang baik dari pasar mobil listrik.

Baca juga: Harga Tiket GIIAS 2023, Disarankan Beli Online

即便如此, memang mitos terkait mobil listrik masih menghantui. Terutama terkait setrum yang dialirkan oleh mobil listrik, sampai battery anxiety yang melanda pemilik pemula mobil listrik.

Berikut ini beberapa mitos kendaraan listrik yang sering menghantui para pemilik mobil listrik:

1. Battery Anxiety

Menurut Gomgom, salah satu yang menjadi kekhawatiran pemilik mobil listrik adalah saat daya baterai habis. Tidak heran jika banyak yang fokus melihat persentasi baterai di dashboard. Padahal, kata dia, seperti Wuling Air ev yang memiliki dua varian jarak tempuh (Long Range 300 kilometer dan Standard Range sekitar 200 公里), yang harus dilihat semestinya adalah indikator jarak tempuh. Jadi meski baterai dalam kondisi 20 persen, namun jarak tempuh masih tersisa 50 公里, kita bisa tetap sampai jika lokasi yang kita tuju masih berjarak 30 公里.

“Jadi intinya, yang dilihat adalah jarak tempuh, bukan indikator sisa persentase baterai. Kalau indikator jarak tempuh sudah di bawah 50 公里, ada baiknya langsung mencari titik pengecasan mobil listrik terdekat,” ujar Gomgom.

2. Bunyi Suara UFO

Saat mobil listrik melintas, orang-orang di sekeliling kerap terkejut dengan suaranya yang cukup futuristik, bahkan ada yang tidak ada suara sama sekali. Hal itu bukannya tidak normal, melainkan modul suara untuk memperingatkan para pejalan kaki agar mereka menyadari adanya mobil listrik yang lewat.

3. Mobil listrik nyetrum saat dicuci

Namanya memang mobil listrik, dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion. Baterai ini sama dengan daya yang digunakan untuk smartphone. 只是, bentuknya lebih besar dan berat. 不, sama halnya dengan baterai smartphone, ada pelindung yang mencegahnya mengeluarkan setrum sembarangan. Namanya standar IP67. IP singkatan dari Ingress Protection, yakni teknologi perlindungan pada perangkat. Angka 6 berarti baterai tersebut bebas dari debu dan kotoran, sedangkan angka 7 dimaksud sebagai tingkat perlindungan terhadap air. Air yang dimaksud adalah kedalaman sampai 1 meter.

所以, baterai mobil listrik seperti Wuling Air ev tidak akan menyetrum siapapun yang menyentuhnya, apalagi saat mobil dicuci atau terkena air hujan saat dipakai di jalanan.

4. Baterai harus full

Sama halnya seperti smartphone, indikator baterai akan memperlihatkan angka 100 saat diisi full dan 0 persen saat habis total. 不, yang harus diingat adalah, baterai tidak perlu dicas atau dicolokkan dalam waktu lama. Gomgom memberikan tips agar baterai mobil listrik awet sampai bertahun-tahun.

“Saat baterai mau habis, akan ada indikator ketika mencapai angka 5 persen. Di sini Wuling Air ev juga punya mode penghemat baterai atau Battery Safe Mode. 不, jangan sampai tunggu baterai habis ke nol persen. Usahakan tidak kurang dari 5 persen, kemudian lakukan pengecasan. Sedangkan pengecasan jangan sampai full 100 persen, bisa di bawah itu,” ujar Gomgom.

mitos kendaraan listrik

Wuling Air ev memiliki baterai kapasitas 26,7 Kwh yang jika dihitung per Kwh hanya sekitar 1700 rupiah Jadi bisa dibandingkan biaya isi daya mobil listrik dengan mobil bahan bakar bensin yang harganya Rp14.000 per liter. Oia, Wuling Air ev butuh pengecasan selama 8 jam untuk bisa mencapai full power atau 100 persen. Jika sudah full power, jarak tempuhnya bisa mencapai 300 公里 (untuk varian Long Range).

Mobil listrik memiliki keuntungan yang cukup menarik jika mitos kendaraan listrik tidak lagi ada di masyarakat. Selain tidak harus mengisi bensin, harga belinya pun murah. Misalnya Wuling Air ev yang hanya berkisar Rp250 jutaan. Apalagi memakai mobil listrik saat ini bisa dipakai kapan saja karena lolos ganjil genap.

Baca juga konten menarik mengenai traveling di Traveldiva, bagi penggemar teknologi kamu juga bisa kunjungi Gadgetdiva 和 Gizolagy

标题 电动汽车 Wuling 空气EV
分享. Facebook 叽叽喳喳 Pinterest LinkedIn tumblr 电子邮件
上一篇文章Dihelat Agustus 2023 Segini Harga Tiket GIIAS, Disarankan Beli Online
下一篇文章 Piaggio Indonesia Ajak Pecinta Vespa Jajal The New Vespa GTS
萨里

有关的 帖子

Pembiayaan Mobil Hybrid Dominasi GIIAS 2025

八月 2, 2025

在吉亚斯展出, 这辆吉普车仅出售 6 统一RI

八月 1, 2025

观察到新的起亚Sonet和Seltos在GIIAS上展出 2025

八月 1, 2025
留下答复 取消回复

翻译
选择语言
  • English English/en/7672-mitos-kendaraan-listrik-yang-masih-menghantui/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/7672-mitos-kendaraan-listrik-yang-masih-menghantui/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/7672-mitos-kendaraan-listrik-yang-masih-menghantui/
  • 日本語 日本語/ja/7672-mitos-kendaraan-listrik-yang-masih-menghantui/
设置为默认语言
 编辑翻译
最新更新
  • Pembiayaan Mobil Hybrid Dominasi GIIAS 2025 八月 2, 2025
  • Karoseri Award 2025: Fuso Dorong Standarisasi Nasional 八月 2, 2025
  • Astra Otoparts可持续绿色动作获得了Kehati的奖项。 八月 2, 2025
  • 在吉亚斯展出, 这辆吉普车仅出售 6 统一RI 八月 1, 2025
  • 观察到新的起亚Sonet和Seltos在GIIAS上展出 2025 八月 1, 2025
  • 请参阅破折号的AION V修改, 有什么区别? 八月 1, 2025
  • 苏木e-Vitara perdana在吉亚斯 2025, 准备明年出售? 八月 1, 2025
  • 为什么F1汽车即使只有1600cc也可以这么快? 这是解释 七月 31, 2025
  • 5 推荐的吉亚斯州混合动力汽车 2025, 越来越诱人的环保解决方案 七月 31, 2025
  • 法拉利秘密观察到小米SU7, 准备发射他的第一辆电动汽车 2026? 七月 31, 2025
RSS Gadgetdiva
  • Agung Karmalogy推荐母亲的Galaxy Z Flip7!
  • 中国凯彭星线链路埃隆·马斯克: 智力或新技术战的威胁?
  • OpenAi从Google搜索用户隐私中搜索ChatGpt功能
  • Openai在欧洲推出了第一个AI数据中心: 星际之门挪威项目已正式宣布
  • 任天堂提高开关控制台价格开始 3 八月 2025, 这是细节!
© 2025 Otodiva, 女士自动爱好者的在线媒体. 供电 PT CIPTA创意内容.
  • 家
  • 关于Autodiva
  • 编辑团队
  • 网络媒体指南

在上面键入并按 进入 搜索. 按 Esc键 取消.

启用广告阻滞剂?
启用广告阻滞剂?
通过向访问者展示在线广告,我们的网站成为可能. 请通过禁用您的广告阻滞剂来支持我们.