メニューを閉じます
Otodiva
  • 家
  • ニュース
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
翻訳

デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
Facebook x (ツイッター) Instagram
  • 私たちの家族:
  • ガジェットディバ
  • Traveldiva
  • ギゾラジー
火曜日, 2 September 2025 10:25 午前
Facebook x (ツイッター) Instagram Pinterest YouTube
Otodiva
  • 家
  • ニュース

    Mobil Sahroni Dirusak Massa, Apakah Asuransi Ganti Rugi?

    2 September 2025 6:18 午前

    Mobil Sahroni Jadi Sasaran Amarah Massa, Dari Kebanggaan Jadi Luka

    1 September 2025 8:26 PM

    Mercedes-Benz 190 E 2.3-16 Milik Ayrton Senna Dilelang, Harga Bisa Tembus Tiga Kali S-Class Baru

    29 8月 2025 8:00 午前

    日産は正式に生産GT-R R35を停止します, 時代の終わり

    28 8月 2025 6:24 PM

    三菱デリカミニ新世代舗装する準備ができています, 価格はIDR 2億から始まります

    28 8月 2025 5:29 PM
  • 車輪 4
  • 車輪 2
  • ヒント
  • 言語
    • 英語
    • インドネシア
    • 中国語
    • 日本
Otodiva
あなたはいます:家»ニュース»Mobil Sahroni Dirusak Massa, Apakah Asuransi Ganti Rugi?
ニュース

Mobil Sahroni Dirusak Massa, Apakah Asuransi Ganti Rugi?

Mobil mewah Ahmad Sahroni dirusak massa. Bisakah asuransi menanggung kerugian akibat kerusuhan? Simak penjelasan lengkapnya.
ヘリングによる ヘリング2 September 2025 6:18 午前コメントはありません5 分を読む
Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
共有
Facebook ツイッター LinkedIn Pinterest メール

Asap masih menggantung di udara ketika mobil-mobil mewah milik Ahmad Sahroni, anggota DPR yang dikenal sebagai “crazy rich Tanjung Priok”, porak-poranda digeruduk massa. Malam itu, garasi mewah di rumahnya bukan lagi ruang aman, melainkan panggung amarah. Deretan kendaraan yang biasanya jadi simbol prestise berubah menjadi saksi bisu betapa rapuhnya harta benda di hadapan kerumunan.

Kisah itu bukan sekadar milik Sahroni. Di luar pagar rumahnya, banyak kendaraan rakyat jelata ikut jadi korban. Ketika massa mengamuk, logam tak lagi kuat, kaca tak lagi kokoh, dan mesin jutaan rupiah pun bisa lumpuh seketika.

Di sinilah pertanyaan sederhana mengemuka: kalau semua bisa hancur dalam sekejap, bagaimana cara melindungi aset yang kita miliki?

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management PT Asuransi Astra, menjawab dengan tenang, bahwa aturan tetap berpijak pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Dalam polis standar, ada risiko yang dijamin, ada pula yang masuk pengecualian.

“Kasus seperti kerusuhan, huru-hara, penjarahan, atau sabotase masuk kategori SRCC+TS—Strike, Riot, Civil Commotion, Terrorism, and Sabotage,” ujar Iwan ketika dihubungi. “Sama seperti bencana alam atau tanggung jawab hukum pihak ketiga, risiko itu secara standar memang tidak dijamin.”

Ia lantas menambahkan dengan nada tenang, seakan ingin menegaskan bahwa nasabah tetap punya pilihan. “Kalau ingin tetap terlindungi, nasabah bisa menambahkan perluasan jaminan pada polis asuransi mobilnya. Memang ada tambahan premi, tapi tidak besar. Beberapa perusahaan, termasuk Garda Oto, bahkan sudah menyertakan perluasan ini. Yang penting, pemilik mobil harus aktif mengecek polisnya.”

“Kalau digeruduk massa tiba-tiba, asuransi bisa mengganti. Tapi kalau sudah ada larangan masuk, tetap nekat, lalu kena imbas, itu tidak akan ditanggung,” tegas Iwan.

Dalam praktiknya, ada dua pilihan utama polis asuransi kendaraan di Garda Oto: Comprehensive dan Total Loss Only (TLO).

PolisComprehensive memberi perlindungan paling luas. Dari lecet kecil akibat tersenggol motor, cat tergores, hingga kehilangan total karena pencurian, semua bisa diklaim. Polis ini bisa diperluas hingga meliputi kerusuhan, bencana alam, bahkan terorisme. Tak heran jika banyak pemilik mobil baru memilihnya. それは公正です, ada batasan usia: mobil maksimal berusia 9–10 tahun.

その間, polis TLO lebih sederhana. Hanya kerugian besar yang ditanggung, misalnya mobil hilang atau rusak parah dengan biaya perbaikan minimal 75 persen dari harga pasar. Premi lebih terjangkau, dan usia kendaraan yang bisa diasuransikan lebih panjang—hingga 15 年.

Di sinilah pemilik mobil harus menimbang: apakah butuh perlindungan dari risiko kecil sekaligus, atau cukup dari kerugian besar saja.

Iwan menekankan bahwa memiliki asuransi bukan soal gaya hidup, melainkan strategi bertahan. Sama seperti menyiapkan dana untuk sekolah anak, biaya kesehatan, atau bahkan liburan, perlindungan terhadap kendaraan juga bagian dari perencanaan keuangan.

“Kalau mobil rusak atau hilang, jangan sampai uang sekolah anak atau tabungan untuk kebutuhan penting terpaksa dialihkan. Dengan asuransi, keuangan bisa tetap terjaga,」彼は言った.

Risiko, kata Iwan, tak pernah memilih waktu atau orang. Ia bisa datang kapan saja: mesin terbakar, ban pecah di jalan tol, kecelakaan kecil yang berujung tuntutan ganti rugi. Bahkan pabrik bisa terbakar, atau kendaraan operasional usaha ditabrak. Semua itu bisa melumpuhkan finansial jika tidak ada perlindungan.

Bagaimana dengan mobil retro seperti Porsche 356 atau Mustang klasik milik Sahroni yang jadi korban amukan massa? Iwan menjawab gamblang.

“Untuk kendaraan antik, aturannya agak berbeda,” jelasnya. “Asuransi di Indonesia membatasi usia kendaraan: maksimal 10 tahun untuk komprehensif, そして 15 tahun untuk TLO (Total Loss Only). Kalau mobil antik itu sudah diasuransikan sejak awal dan ada perluasan jaminannya, tentu bisa dikover. Tapi kalau tidak ada polisnya, ya otomatis tidak bisa,” terangnya.

Pelajaran dari Kejadian Ahmad Sahroni

Kerusuhan di rumah Sahroni mungkin tampak jauh dari kehidupan banyak orang. Namun pelajaran yang bisa dipetik justru dekat: harta benda, sekokoh apa pun, bisa lenyap dalam sekejap.

Di tengah ketidakpastian, asuransi hadir bukan sebagai jaminan mutlak, melainkan sebagai benteng terakhir. Ia tak bisa menghentikan kaca pecah atau ban terbakar, tapi bisa menjaga agar rencana hidup—dari sekolah anak hingga usaha keluarga—tetap berjalan meski badai datang.

Iwan juga menyampaikan pesan bagi masyarakat umum, bukan hanya pemilik garasi miliaran. “Sebaiknya pemilik mobil mengecek polis masing-masing. Kalau bingung, hubungi langsung perusahaan asuransi. Untuk Garda Oto, customer bisa kontak 1500112, サービス 24 jam,」彼は言った.

Ia juga memberi peringatan, “Harap berhati-hati saat melewati daerah rawan. Jangan memaksa masuk kalau sudah dijaga aparat atau ada tanda larangan. Itu bukan hanya berbahaya, tapi juga bisa membuat klaim asuransi gugur, karena di polis ada klausul khusus soal itu.”

Asuransi sebagai Manajemen Risiko

Iwan menekankan, memiliki mobil bukan hanya soal membeli, mengisi bensin, dan rutin servis. Ada biaya lain yang harus dipikirkan—parkir, tol, hingga perbaikan mendadak ketika ban bocor atau mesin bermasalah. Di luar itu, ada risiko yang sering luput dari antisipasi: tabrakan, keserempet, hingga tuntutan hukum karena menabrak aset orang lain.

“Jangan sampai uang yang sudah kamu siapkan untuk kebutuhan penting—sekolah anak, menonton konser, atau liburan keluarga—terpaksa dialihkan untuk memperbaiki mobil yang kena musibah. Itu justru merusak rencana hidup,」彼は言った.

Baginya, asuransi adalah seni mengelola risiko keuangan. Sama seperti sebuah usaha yang wajib mengantisipasi pabrik terbakar, mesin rusak, atau karyawan sakit, individu juga perlu menyiapkan perlindungan agar hidup tetap berjalan tenang.

“Punya mobil, rumah, aset, kesehatan, bahkan jiwa—semua harus dimanage. Risiko tidak pernah memilih waktu atau tempat. Semua bisa terjadi. Jadi bertindaklah bijak: kelola risiko dengan berasuransi agar hidupmu lebih sejahtera,” tutur Iwan.

Kasus mobil Sahroni mungkin terasa jauh dari kehidupan sehari-hari. Namun pesannya justru dekat dengan siapa saja yang punya kendaraan. Mobil adalah penunjang aktivitas, bahkan bagi sebagian orang adalah sumber penghasilan.

Perlindungan asuransi, apalagi dengan tambahan jaminan terhadap risiko kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase, bisa menjadi pagar tak terlihat yang menyelamatkan keuangan di saat genting.

“Kalau punya usaha, kamu pasti sudah tahu pentingnya manajemen risiko. いや, pemilik mobil juga harus memandangnya seperti itu. Asuransi adalah cara paling bijak untuk memastikan keuangan tetap aman ketika risiko datang,” pungkas Iwan.

Ahmad Sahroni Asuransi Mobil DPR Garda Oto kerusuhan Lexus Mobil Mewah polis kendaraan Porsche SRCC
共有. Facebook ツイッター Pinterest LinkedIn tumblr メール
前の記事Mobil Sahroni Jadi Sasaran Amarah Massa, Dari Kebanggaan Jadi Luka
ヘリング

関連している 投稿

Mobil Sahroni Jadi Sasaran Amarah Massa, Dari Kebanggaan Jadi Luka

1 September 2025 8:26 PM

Mercedes-Benz 190 E 2.3-16 Milik Ayrton Senna Dilelang, Harga Bisa Tembus Tiga Kali S-Class Baru

29 8月 2025 8:00 午前

日産は正式に生産GT-R R35を停止します, 時代の終わり

28 8月 2025 6:24 PM
返信を残してください 返信をキャンセルします

翻訳
言語を選択します
  • English English/en/11585-mobil-sahroni-dirusak-massa-apakah-asuransi-ganti-rugi/
  • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia/11585-mobil-sahroni-dirusak-massa-apakah-asuransi-ganti-rugi/
  • 中文(简体) 中文(简体)/zh/11585-mobil-sahroni-dirusak-massa-apakah-asuransi-ganti-rugi/
  • 日本語 日本語/ja/11585-mobil-sahroni-dirusak-massa-apakah-asuransi-ganti-rugi/
デフォルト言語として設定します
 翻訳を編集します
最新のアップデート

Mobil Sahroni Dirusak Massa, Apakah Asuransi Ganti Rugi?

2 September 2025 6:18 午前

Mobil Sahroni Jadi Sasaran Amarah Massa, Dari Kebanggaan Jadi Luka

1 September 2025 8:26 PM

Mercedes-Benz 190 E 2.3-16 Milik Ayrton Senna Dilelang, Harga Bisa Tembus Tiga Kali S-Class Baru

29 8月 2025 8:00 午前

日産は正式に生産GT-R R35を停止します, 時代の終わり

28 8月 2025 6:24 PM

三菱デリカミニ新世代舗装する準備ができています, 価格はIDR 2億から始まります

28 8月 2025 5:29 PM
RSS ガジェットディバ
  • Pengamat: Ban TikTok Live Nggak Efektif, Netizen Bisa Update Demo dari Platform Lain
  • Live TikTok Ditangguhkan, Menkomdigi Meutya Hafid Harap UMKM Tetap Berjualan di E-Commerce
  • Tanggapi Situasi Demo, Youtube Hapus Konten Melanggar Pedoman Komunitas
  • Konten Kreator Dimas Ramadhan Bagikan Trik Konten Viral Pakai Gemini di Galaxy Z Fold 7
  • Mau Tiru China, DPR Ingin Warga RI Daftar Akun Medsos Pakai KTP
© 2025 Otodiva, 女性の自動車愛好家向けのオンラインメディア. 搭載 PT Cipta Creative Content.
  • 家
  • オートディバについて
  • 編集チーム
  • サイバーメディアガイドライン

上記と入力して押します 入力 検索する. プレス ESC キャンセルします.

広告ブロッカーが有効になっています?
広告ブロッカーが有効になっています?
広告は、Otidivaが質の高いコンテンツを提示し続けるのに役立ちます. Adblockerを非アクティブ化することで私たちをサポートしてください.